Minggu, 22 April 2018
Jumat, 13 April 2018
Selasa, 10 April 2018
ANAK TK DI TILANG POLISI
anak tk naik motor di jalan raya bagaiamana model ortunya?
Tulisan ini, tidak bermaksud menggurui dan menasehati orang lain. Tapi
hanya untuk membuat ingat dan selalu ingat kepada si penulis sendiri, yang kualitas dirinya, masih jauh panggang dari apinya.
#Anak ini ngakunya masih sekolah TK. Ketika di berhentikan Polisi karena naik sepeda motor di jalan raya,
Tulisan ini, tidak bermaksud menggurui dan menasehati orang lain. Tapi
hanya untuk membuat ingat dan selalu ingat kepada si penulis sendiri, yang kualitas dirinya, masih jauh panggang dari apinya.
#Anak ini ngakunya masih sekolah TK. Ketika di berhentikan Polisi karena naik sepeda motor di jalan raya,
Sabtu, 07 April 2018
MURID NAKAL,KARENA TIDAK PAHAM MAKSUD GURUNYA
Munif chatib Trainer gurunya manusia |
bagaimana cara meng-harmoni-kan keduanya? siapa yang salah, guru atau muridnya ? yuk kita baca tulisan ini, sampai habis. Agar guru semakin hebat di mata murid muridnya.
Tulisan ini lugas tapi bisa di tiru untuk di praktekan guru. selamat membaca!!!!!
Senin, 02 April 2018
ANDAIKAN INI, ADALAH INDONESIA
Andaikan ini, adalah Indonesia ku betapa senangnya hatiku betapa gembiranya bangsaku, dan betapa makmurnya rakyat Negeriku.
Aku sunguh tidak mengerti, apakah tulisan ini benar atau tidak, kisah nyata atau fiksi belaka.
Aku juga ndak mengerti apakah penulis nya jujur atau hanya imajinasi saja, apakah sang penulis pernah ke Negara yang di ceritakan atau hanya mengandai-andai Saja. Sekali lagi, Aku tidak mengerti.
Aku juga tidak mengenal siapa penulis kisah dan cerita yang di hadapanku ini,
aku hanya bisa meminta izin untuk berbagi,hanya kepada yang mengirim tulisan inspiratif ini kepadaku.
Tapi tulisan iNi sangat elok untuk di baca, pesan moralnya sungguh luar biasa. maka jika di Negara Aku tercinta ini,bisa di terapkan sungguh penduduk ini akan sangat bahagia.dan sejahtera.
Sebagian penduduk ini merasa menderita karena sebagian besar manajernya /pemimpinnya bertolak belakang dengan yang ada di cerita ini. Yang banyak terjadi di negeriku seperti kisah wanita mahasiswa ini.
Inilah cerita itu,.... selamat menikmati
Senin, 26 Maret 2018
REMIDI SEJARAH PEMINATAN KELAS XI SMADUDRY
JAWABAN DI TARUH DI KOLOM KOMENTAR.
FORMAT JAWABAN ANTAR SISWA HARUS BEDA JIKA SAMA DI ANGGAP NGERPEK/ BUKAN HASIL KARYA SENDIRI ... TENTU NILAI AKAN BEDA WALAU BETUL SEMUA
JANGAN LUPA NO ABSEN NAMA DAN KELAS DI CANTUMKAN
FORMAT JAWABAN ANTAR SISWA HARUS BEDA JIKA SAMA DI ANGGAP NGERPEK/ BUKAN HASIL KARYA SENDIRI ... TENTU NILAI AKAN BEDA WALAU BETUL SEMUA
JANGAN LUPA NO ABSEN NAMA DAN KELAS DI CANTUMKAN
1. Organisasi pergerakan nasional yang nonkooperatif memiliki ciri
..........
a.Radikal.. b.moderat
c.demokrat. d.Liberal
d.komunikatif
2. Liberalisme merupakan paham yang menghendaki
a. Persamaan kelas dalam masyarakat
b. Adanya jaminan kebebasan individu.
c. Pembatasan terhadap usaha perseorangan.
d. Kebebasan hidup tanpa jaminan hukum.
e. Dihapuskannya sistem perpajakan yang dianggap menghambat kebebasan
individu.
3. Suatu paham yang mengutamakan kebebasan hidup bermasyarakat dan
kemerdekaan individu disebut
a. Komunisme b.
Liberalisme.
c. Pan islamisme d.
Nasionalisme
e. Sosialisme.
4. Paham di Eropa yang berusaha untuk mendapatkan emas
sebanyak-banyaknya dalam rangka mencapai kejayaan disebut dengan
a. Merkantilisme b.
Kapitalisme
c. Liberalisme. d.
Sosialisme
e. Profesionalisme
5. Berikut ini beberapa hak oktroi yang diberikan kepada VOC kecuali
a. Hak monopoli perdagangan
b. Hak melakukan pungutan pajak sendiri
c. Hak memiliki Angkatan Perang sendiri
d. hak mengadakan perjanjian
e. Hak menguasai Indonesia.
6. Dalam melawan rakyat Aceh salah satu strategi yang digunakan Belanda
ialah....
a.cultur stelsel b.Continental stelsel
c.consentrasi stelsel. d.devide
et impira.
e.benteng stelsel.
7. Perang Diponegoro bagi pihak Belanda membawa akibat....
a. Sistem tanam paksa dihapuskan.
b. Keuangan Belanda terkuras untuk biaya perang.
c. Belgia menyatakan lepas dari kekuasaan Belanda.
d. Dihapuskannya sistem perbudakan di Jawa.
e .Belanda mendapatkan tekanan dari dunia internasional.
8. Faktor-faktor yang mendorong didirikannya VOC adalah.....
a. Menghindari persaingan antar pedagang Belanda dan pedagang lain.
b. Membuat Belanda kaya raya.
c. perusahaan mengisi kekosongan kas Belanda.
d. Mempererat hubungan antar pedagang Belanda.
e. Membantu pemerintah Belanda dalam menjual hasil industrinya.
9. Pelopor politik etis yang mengeluarkan pemikiran tentang pembangunan
Negeri jajahan adalah...
a. Diponegoro. b.
Van Deventer.
c.Douwes dekker. d.Hasanudin
e.Multatuli
10 Salah satu tujuan didirikannya Budi Utomo adalah....
a. Supaya Jawa bebas dari Belanda
b. Supaya Stopia lebih maju
c. Supaya Belanda membuatkan tawanan politik
d. supaya keberanian rakyat meningkat.
e. Memajukan pengajaran ilmu pengetahuan dan seni budaya Indonesia.
11. Paham yang memiliki tujuan untuk mempersatukan umat islam sedunia
adalah...
a. demokrasi. b.
liberalisme.
c. Pan islamisme. d
sosialis.
e. komunis.
12 Gerakan nasional Indonesia dipelopori oleh...
a. Orang kaya. b.
seorang miskin.
c. Kaum terpelajar. d.
Kaum duafa
e.organisasi.
13. Yang berhasil dikuasai pertama kali lo jepang di indonesia adalah
daerah....
a.Tarakan b.jawa
timur
c. Jawa tengah d.Bandung
e.Sumatra pelembang
14. Gerakan yang dibentuk oleh 4 serangkai adalah..
a.putera b.Jawa
hokokai
c.peta d.Keibodan.
e.Jayamahe.
15.barisan wanita yang dibentuk oleh jepang adalah..
a. fujinkai. b.seinendan.
c.Keibodan. d.Heiho
e.fujiyama
16. Salah satu kebijakan militer jepang pada masa pendudukan nya di
indonesia adalah...
a. Membentuk organisasi militer.
b. Melawan berbagai gerakan revolusi di daerah.
c. Menghancurkan semua benteng pertahanan Belanda.
d. Menawan perwira Belanda.
e. Mengangkat tinggi-tinggi Belanda untuk duduk dalam memerintah.
17. Pada tahun 1942 awal pendudukan Jepang di Aceh terjadi
pemberontakan di Lhokseumawe yang dipimpin oleh...
a.KH.Zainal Mustofa b.Teuku
Abdullah.
c.Teuku Mustofa. d.
Teuku Abdul Jalil
e. Teuku Hamid.
18. PPKI berhasil mengadakan sidang pada 18 Agustus 1945 dengan hasil
mengesahkan dan menetapkan....
a.pancasila b.UUD
1945
c.Piagam Jakarta d.Ir
sularno
e.Ir.Sukarno
19Dilihat dari segi ekonomi latar belakang lahirnya pergerakan nasional
Indonesia ialah adanya...
a. Pengaruh dari kaum cendekiawan.
b. Kemiskinan akibat penjajahan Belanda.
c. Tidak diberi kesempatan memerintah.
d. Kejayaan bangsa Indonesia pada masa lampau.
e. Pengalaman tokoh-tokoh agama yang kuat.
20. Suatu paham yang pertama kali muncul di Perancis dan dikembangkan
oleh Karl Marx adalah....
a. Liberalisme. b.
Pan islamisme
c. Komunisme. d
nasionalisme.
e. sosialisme.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1.
Sebutkan faktor-faktor intern yang mendorong
terbentuknya nasionalisme di Indonesia.?
2.
Jelaskan pengertian nasionalisme?
3.
Mengapa tokoh-tokoh nasionalis Indonesia
bersedia bekerjasama dengan pihak Jepang?
4.
Jelaskan yang dimaksud dengan istilah Romusha.?
5 Sebutkan organisasi-organisasi militer bMinggu, 25 Maret 2018
UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS
MELALUI METODE SIMULASI PADA KELAS X APK 2
SMK SUNAN GIRI MENGANTI
GRESIK
Rabu, 21 Maret 2018
Selasa, 20 Maret 2018
MATA UJIAN : MATEMATIKA, BIOLOGI, FISIKA, KIMIA DAN IPA TERPADU
_________________________________________________________________________________________________________
Keterangan : Mata Ujian MATEMATIKA nomor 1 sampai nomor 15
Mata Ujian BIOLOGI nomor 16 sampai nomor 30
Mata Ujian FISIKA nomor 31 sampai nomor 45
Mata Ujian KIMIA nomor 46 sampai nomor 60
Mata Ujian IPA TERPADU nomor 61 sampai nomor 75
MATEMATIKA
Gunakan Petunjuk A dalam menjawab soal nomor 1 sampai
nomor 12
1. Jika suku banyak + + + 3 2
2 5 ax x x b dibagi - 2
( 1) x
menghasilkan sisa (6x + 5) maka a + 3b sama
dengan …
Keterangan : Mata Ujian MATEMATIKA nomor 1 sampai nomor 15
Mata Ujian BIOLOGI nomor 16 sampai nomor 30
Mata Ujian FISIKA nomor 31 sampai nomor 45
Mata Ujian KIMIA nomor 46 sampai nomor 60
Mata Ujian IPA TERPADU nomor 61 sampai nomor 75
MATEMATIKA
Gunakan Petunjuk A dalam menjawab soal nomor 1 sampai
nomor 12
1. Jika suku banyak + + + 3 2
2 5 ax x x b dibagi - 2
( 1) x
menghasilkan sisa (6x + 5) maka a + 3b sama
dengan …
Jumat, 16 Maret 2018
Selasa, 13 Maret 2018
Minggu, 11 Maret 2018
ANAK NAKAL,KARENA DO'A ORANG TUANYA ?
Tulisan ini bukan bermaksud menghukum, bukan pula untuk merendahkan upaya manusia sebagai orang tua dalam mendidik putra putrinya, tetapi lebih pada upaya untuk mengingatkan diri penulis kususnya dan pembaca pada umumnya.
Pada kesempatan ini penulis membatasi kata "NAKAL" yang dimaksudkan penulis adalah perilaku menyimpang dari norma agama dan sosial yang biasaanya mulai dilakukan anak-anak seusia SMP-SMA yang sedang mencari jati diri.
Dalam paparan berikut ini,saya akan memulai dengan sebuah sabda Rasullullah saw,yakni manusia pilihan Allah yang menjadi panutan umat, yaitu hadist Nabi tentang prinsip dasar kelahiran anak manusia :
Jumat, 09 Maret 2018
Soal remidi kelas XI SMK SUGIME 2018
Soal remidi kelas XI SMK SUGIME 2018
- 1. Batih, kekerabatan, suku bangsa dan clan merupakan
Sabtu, 03 Maret 2018
SOAL SEJARAH KELASXII SMADU GRESIK
01. Raja-raja
Nusantara yang berhasil
mengusir kolonialisme di wilayah
kekuasaannya
adalah ....
Rabu, 28 Februari 2018
UAS IPS Kelas X SMK Semester 2
UAS IPS Kelas X SMK Semester 2
1. Berikut ini adalah barang-barang yang
sudah tidak dapat diperbaharui lagi adalah…, kecuali….
a. Minyak bumi
b. NASI
c. Batu bata
d. ketela pohon
e. Perkebunan teh
Selasa, 27 Februari 2018
SULUK SUNAN BONANG
SALIK DAN GURU MURSYID
|
Karya-karya Sunan Bonang yang dijumpai hingga sekarang dapat dikelompokkan menjadi dua:
(1) Suluk-suluk yang mengungkapkan pengalamannya menempuh jalan tasawuf
Minggu, 25 Februari 2018
Selasa, 20 Februari 2018
BIJAK DALAM MENSIKAPI PERBEDAAN ANTAR SAUDARA
UTS_GANJIL__KELAS_X_SEJARAH_20.html Hal pertama yang akan kita bahas adalah apa itu bijak apa itu
Senin, 19 Februari 2018
SEKOLAH ITU BEBAN ?
Dengan kemajuan ilmu pengetauan seperti saat ini, kita mengenal Apa yang disebut dengan paradigma
Minggu, 18 Februari 2018
Kamis, 15 Februari 2018
ANGKA RAPOR MU TIDAK BERGUNA BAGIMU ?
https://www.4shared.com/office/Vh-azyLrca/https://www.4shared.com/office/Vh-azyLrca/UTS_GANJIL__KELAS_X_SEJARAH_20.html: Nilai kamu masih tinggi. Bahkan lebih tinggi dari peraih juara umum disekolah kita.
ANGKA RAPOR MU TIDAK BERGUNA BAGIMU ?
https://www.4shared.com/office/Vh-azyLrca/UTS_GANJIL__KELAS_X_SEJARAH_20.html
Nilai kamu masih tinggi. Bahkan lebih tinggi dari peraih juara umum disekolah
kita.
Rabu, 14 Februari 2018
AKU KORBAN KEKERASAN GURU -
Sebuah tulisan cantik dari seorang murid jujur, dalam mengungkapkan fakta
Selasa, 13 Februari 2018
BENARKAH RADEN PATAH DURHAKA KEPADA AYAHANDANYA SENDIRI ? .
Munculnya kesultanan Islam atau kerajaan Islam di Demak
Berbicara tentang kesultanan Islam Demak,dalam tulisan Ini tidak akan dibatasi
Minggu, 04 Februari 2018
HAM PENYEBAB KENAKALAN ANAK SLTA ?
Maraknya prilaku kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan oleh
anak-anak terhadap
GURU YANG TERBELENGGU OLEH "ANCAMAN SISWANYA"
GURU TERPEDAYA
Rujukan dalam laporan pengaduan kekerasan terhadap anak oleh guru adalah
Pasal 54 UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang menyatakan
bahwa “Anak di dalam dan di lingkungan sekolah wajib
dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola
sekolah atau teman-temannya di dalam sekolah yang bersangkutan, atau
lembaga pendidikan lainnya.
” Adapun jenis-jenis kekerasan tercantum
pada pasal 69, yaitu kekerasan fisik, psikis, dan seksual. Sedangkan
pada webb Wikipedia disebutkan ada empat kategori utama tindak
kekerasan terhadap anak, yaitu : (1) pengabaian, (2) kekerasan fisik,
(3) pelecehan emosional/ psikologis, dan (4) pelecehan seksual anak.
Dengan undang undang perlindungan anak tersebut,sering kali di buat lebay oleh orang tua atau LSM.
Masalah yang semestinya hanya sederhana dan bisa selesai lewat musyawarah tapi kalau sudah di laporkan baik ke lsm atau kepolisian menjadi rumit dan cenderung menjadi besar.
Akhirnya dari dilema yang di alami guru seperti ini, membuat para guru menjadi kurang tegas terhadap
siswa yang nakal atau melanggar tata tertib sekolah. Para siswa siswa
nakal tersebut dibiarkan saja, dari pada nantinya guru terkena masalah
hukum.
Ketidaktegasan guru berdampak terhadap semakin rendahnya wibawa
guru di hadapan siswa, khususnya di kalangan siswa-siswa yang nakal.
Mereka semakin seenaknya melanggar tata tertib sekolah, karena mereka punya anggapan meski melanggar tetap tidak akan dihukum.
Bagaimana jika yang dianiaya adalah gurunya sebagaimana kasus guru budi di SMA N Torjun Sampang Madura ? LSM mana yang membela guru budi yang teraniaya?
3 PROSES PENDIDIKAN KITA
Proses pendidikan yang seharusnya meliputi tiga ranah, yaitu
1 : Sikap,
2 : Pengetahuan,
3 : keterampilan,
Tetapi jika proses pendidikan hanya lebih dominan pada ranah pengetahuan saja,
Akibatnya, banyak anak pintar tapi sikap dan perilakunya kurang benar, banyak anak cerdas tapi akhlaqnya kurang waras
sopan dan santunnya tidak pernah terhimpun,
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
Kompetensi ini merupakan salah satu kompetensi yang perlu dimiliki
oleh para guru pendidik, selain kompetensi pedagogik, profesional, dan sosial.
Kompetensi
kepribadian erat hubungannya dengan sikap, ucapan, dan perbuatan guru
ketika mengajar.(akhlaq guru sebagai tauladan Murid) Hal ini juga berkaitan dengan kematangan emosional
sang guru yang bersangkutan.
Pada pasal 3 ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008
tentang Guru disebutkan bahwa indikator dari kompetensi kepribadian
seorang guru antara lain :
- (a) beriman dan bertakwa,
- (b) berakhlak mulia,
- (c) arif dan bijaksana,
- (d) demokratis,
- (e) mantap,
- (f) berwibawa,
- (g) stabil,
- (h) dewasa,
- (i) jujur,
- (j) sportif,
- (k) menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat,
- (l) secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri, dan
- (m) mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.
UUPA( Undang Undang Perlindungan Anak)
Undang-undang Perlindungan Anak (UUPA) pada dasarnya bertujuan baik,
yaitu untuk melindungi anak dari tindak kekekerasan dan
kesewenang-wenangan. akan tetapi keberadaan UUPA jangan sampai membelenggu dan menyandera guru
dalam mendidik di kelasnya. Berikanlah kembali otonomi mendidik kepada
guru.
Karena setiap guru memiliki harapan agar setiap anak
didiknya menjadi anak yang cerdas, terampil, dan memiliki budi pekerti
luhur dan ahklaq yang mulia.
Dalam Kasus yang di alami guru Budi di sampang beberapa waktu lalu apakah akan di proses sesuai hukum ataukah akan ada pembelaan dari komisi perlindungan anak ? Apakah anak itu tetap sekolah dan tidak di keluarkan dari sekolah yang bersangkutan.
Jika jawabanya adalah iya, ( ia tetap murid dan sekolah di lembaga itu) maka sungguh kewibawaan guru dan keberadaan guru telah terpenjara dalam kebebasan mendididik siswanya.
Sabtu, 03 Februari 2018
GURU BUDI TERANIAYA MURID "GILA""
Dunia pendidikan tercederai lagi ........
Guru menjadi korban lagi ............
Guru dianiaya lagi, adalah bpk Ahmad
Guru menjadi korban lagi ............
Guru dianiaya lagi, adalah bpk Ahmad
Rabu, 31 Januari 2018
LATIHAN USBN SEJARAH SMADU
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
LATIHAN UJIAN SEKOLAH
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN
LEMBARAN
SOAL
Mata
Pelajaran : SEJARAH
Program
Keahlian : Semua Program Keahlian
Hari, Tanggal :
Pukul :
Waktu : 90 menit
PETUNJUK UMUM
1. Isikan identitas Anda kedalam Lembar Jawaban
Komputer (LJK) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B.
2.
Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut
3.
Jumlah soal sebanyak 55 butir soal, 50 soal pilihan ganda, 5 essay
4.
Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya
5.
Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.
6.
Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang
kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap
7.
Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian bila diperlukan
8. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP,
tabel matematika, atau alat bantu
hitung lainnya
9.
Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian
10.
Lembar soal tidak boleh dicorat-coret,
difoto copy, atau digandakan
A.
PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
diantara lima jawaban
yang tersedia.
1.
Anthony H. Johns mengatakan bahwa proses
Islamisasi dilakukan oleh para musafir dari Mekkah yang datang ke Kepulauan
Indonesia. Teori serupa juga diungkapkan oleh ….
A. Hoesein
Djajadiningrat yang mengatakan bahwa Islam berasal dari tanah kelahirannya
B. C.
Snouck k Hurgronye yang didasarkan pada batu nisan Sultan Malik Al-Saleh
C. Buya
Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah) yang mengatakan bahwa Islam masuk sejak
abad ke-7 M
D. J.P.
Moquetta yang didasarkan pada batu nisan di Pasai dan makam Maulana Malik
Ibrahim yang wafat tahun 1419 di Gresik
E.
Hoesein Djajadiningrat yang didasarkan
pada tradisi tabot di Pariaman
2.
Jika diperhatikan seni ukir telah ada di
Kepulauan Indonesia sejak lama tetapi masuknya pengaruh Islam telah membawa
pengaruh besar dalam perkembangan seni ukir. Mengapa demikian?
A. Perkembangan
Islam di zaman madya memperbolehkan untuk melukis makhluk hidup
B. Pada
zaman Islam madya para seniman mengembangkan seni ukir dengan motif daun-daunan
dan bunga-bungaan
C. Para
seniman membuat perkumpulan seniman kaligraf
D. Munculnya
kreasi baru dengan menyamarkan lukisan makhluk hidup dan menambahkan huruf Arab
E. Pada
masa sesudah zaman madya para seniman tidak leluasa mengembangkan kreasinya
3.
Bukti bahwa toleransi beragama di
Kerajaan Singosari berjalan sangat baik adalah ….
A. jenazah
Kertanegara yang dicandikan di Candi Jawi dan Candi Singosari
B. tertulis
dalam kitab Pararaton
C. terjadi
sinkretisme antara agama Hindu dan Budha menjadi bentuk Syiwa Buddha
D. perkawinan
antara Raja Jayasingawarman dengan saudara perempuan Kertanegara
E. dibangunnya
sebuah benteng di Canggu Lor
4.
Selama periode Hindu-Buddha telah
terbentuk kekuatan besar Nusantara yang memiliki kekuatan integrasi secara
politik terutama jika dihubungkan dengan kebesaran Kerajaan Sriwijaya,
Singhasari dan Majapahit. Maksud dari kekuatan integrasi politik adalah ....
A. kemampuan
kerajaan tradisional dalam menguasai wilayah yang luas dan menempatkan
kekuasaannya dalam kesatuan politik
kekuasaannya dalam kesatuan politik
B. pernyataan
dari Mohammad Yamin yang mengatakan bahwa ketiganya merupakan suatu bentuk
negara nasional
C. kemampuan
kerajaan tradisional untuk melakukan perundingan politik dengan kerajaan lain
di luar Kepulauan Indonesia
D. ketiga
kerajaan tersebut mempunyai ikatan kerjasama politik yang baik
E.
kemampuan untuk mengontrol
kerajaan-kerajaan kecil dan bisa melindungi kepentingan mereka
5.
Salah satu bentuk akulturasi antara
budaya Indonesia dengan budaya India pada bentuk bangunan candi terlihat dari
....
A. relief
yang dilukiskan pada candi
B. arca
atau patung yang terdapat di candi
C. bentuk
stupa
D. bentuk
candi yang berupa punden berundak
E. hiasan
yang terdapat pada candi
6.
Setelah Malaka jatuh ke tangan Portugis
tahun 1911, terjadi perubahan jalur perdagangan laut. Dampak dari perubahan tersebut
adalah ....
A. kedatangan
pedagang dari Bengal, Turki, Arab, Persia, Gujarat, dan Siam di Aceh
B. munculnya
jalur alternatif dengan melintasi pantai barat Sumatra ke Selat Sunda
C. munculnya
jalur alternatif dengan melintasi pantai timur Sumatra ke Selat Sunda
D. munculnya
pelabuhan perantara baru di Celebes dan Borneo
E. terjadi
peningkatan hubungan dagang dengan bangsa Barat
7.
Pada masa kekuasaan Sultan Agung,
Kerajaan Mataram mengalami masa keemasan terutama dalam bidang budaya. Sultan
Agung disebut sebagai seorang budayawan, karena ...
A. Sultan
Agung memadukan unsur-unsur budaya Islam dengan budaya Hindu-Buddha
B. Sultan
Agung adalah seorang panatagama
C. Sultan
Agung menyelenggarakan perayaan sekaten untuk memperingati kelahiran Nabi
Muhammad SAW
D. Sultan
Agung memadukan unsur-unsur budaya lokal dengan budaya Barat
E. Sultan
Agung menerapkan kehidupan masyarakat yang bersifat feodal
8.
Sultan Ageng Tirtayasa adalah sosok raja
yang dapat membawa Kerajaan Banten mengalami kemajuan. Nilai karakter apa yang
menonjol dari Sultan Ageng Tirtayasa?
A. Toleransi
beragama
B. Sifat
welas asih
C. Kedermawanan
yang tinggi
D. Anti
kekuasaan asing
E. Rela
berkorban
9.
Berdasarkan bukti sejarah, Islam sudah
masuk ke Papua pada pertengahan abad ke-15. Teori yang mengatakan proses
Islamisasi di Papua terutama di pesisir barat disebarkan oleh ....
A. teori
yang mengatakan Islam datang disebarkan oleh mubaligh asal Aceh
B. teori
yang mengatakan Islam mulai diperkenalkan oleh Syarif Muaz Al-Qathan
C. teori
yang mengatakan bahwa Islam dikembangkan oleh pedagang-pedagang Bugis
D. teori
yang mengatakan Islam di Papua berasal dari Bacan
E. teori
yang mengatakan bahwa Islam di Papua berasal dari Maluku
10.
Ancaman disintegrasi dan perpecahan akan
menyebabkan sebuah negara mengalami kehancuran seperti yang menjadi salah satu
penyebab kemunduran Kerajaan Majapahit yaitu
A. Perang
Paregrek
B. semakin
meluasnya pengaruh Islam
C. Perang
Bubat
D. wafatnya
Gajah Mada
E. terjadinya
bencana alam
11. Tujuan
pemerintah kolonial Belanda melaksanakan sistem tanam paksa adalah ....
A.
mengisi kekosongan kas bangsa Indonesia
B.
meningkatkan produksi barang ekspor
C.
mengatasi kesulitan keuangan kerajaan
Belanda
D.
membiayai perang yang dilakukan oleh
Belanda
E. mengenalkan
tanaman ekspor di Indonesia
12.
Raja
Banten yang gigih menentang VOC adalah ....
A.
Sultan Haji
B.
Sultan Abdul Mufakir
C.
Sultan Ageng Tirtayasa
D.
Sultan Maulana Muhammad
E.
Sultan Hasanudin
13.
Raja
berikut ini pernah melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Raffles
ialah......
A.
Sultan Hamengkubuwono I
B.
Sultan Hamengkubuwono II
C.
Susuhunan Amangkurat I
D.
Susuhunan Amangkurat II
E.
Raden Mas Said
14.
Gubernur
Jenderal Belanda yang ditugaskan Prancis di Indonesia adalah.....
A.
Herman Willem Daendels
B.
Louis Napoleon
C.
Napoleon Bonaparte
D.
Francis Drake
E.
Thomas Stamford Raffles
15.
Berikut ini situasi
di Eropa yang mempengaruhi kedatangan bangsa Barat ke dunia Timur, yaitu....
A.
jatuhnya kota Konstantinopel
B.
masuknya paham merkantilisme
C.
jatuhnya kota Lisabon ke tangan Spanyol
D.
adanya perang Salib
E.
terjadinya Revolusi Prancis
16.
Penyambungan
jalan raya dari Anyer sampai Panarukan pada masa Kolonial bertujuan untuk .....
A.
memperlancar perdagangan
B.
memperlancar lalu lintas umum
C.
tempat perlindungan dan pelarian
D.
mempermudah pergerakan pasukan
E.
menyiapkan kedatangan Napoleon Bonaparte
17.
Belanda berupaya menguasai Bali dengan
menyerang pertama kali Kerajaan....
A.
Buleleng
B.
Klungkung
C.
Badung
D.
Menglui
E. Gilariya
18.
Motivasi kedatangan bangsa Eropa ke
Dunia Timur dapat diungkapkan melalui slogan berikut ini.........
A.
Vini, Vidi, Vici
B.
Liberte, Egalitee, Franternite
C.
Gold, Gospel, Glory
D.
Kolonialisme, Imperialisme, Monopolisme
E. Devide
et Impera, Pak Mcdorlandica
19.
Beberapa faktor keberanian bangsa Eropa
melakukan pelayaran ke dunia Timur di bawah ini, kecuali .........
A.
diciptakannya konpas sebagai penunjuk
arah
B.
adanya teori dari Paus bahwa bumi itu
datar
C.
maju dan berkembangnya ilmu perbintangan
dan cuaca
D.
jatuhnya Constantinopel ke tangan Islam
Turki
E. ditemukannya
jalur pelayaran ke Asia oleh Vasco da Gama
20.
Latar
belakang dan factor pendorong kedatangan bangsa bangsa Eropa ke Asia adalah
sebagai berikut, kecuali ........
A.
Penemuan mesin uap oleh James Watt
B.
Keinginan menemukan daerah asal
rempah-rempah
C.
Keinginan membuktikan teori Copernicus
bahwa bumi bulat
D.
Rasa tertarik kepada buku karya
Marcopolo berjudul Imago Mundi yang menceritakan kesuburan Asia
E.
Runtuhnya Konstamtinopel ke tangan
bangsa Turki yang menyebabkan terputusnya hubungan dagang Asia-Eropa
21.
Agar VOC leluasa dalam melaksanakan
tugasnya, pemerintah Belanda memberikan hak-hak istimewa kepada VOC yang
meliputi hak-hak sebagai berikut, kecuali........
A.
memiliki tentara sendiri
B.
mencetak uang sendiri
C.
menyatakan perang dan damai
D.
mengangkat dan memberhentikan pegawai
E.
mendirikan Negara merdeka di seberang
lautan
22.
Hak VOC untuk menebang tanaman
rempah-rempah di Maluku agar harganya stabil disebut....
A.
Eksterpasi
B.
Contingenten
C.
Ponale Sanctie
D.
Pelayaran Hongi
E.
Verplihte Leverantie
23.
Sistem tanam paksa yang diusulkan Van
Den Bosch didorong oleh hal-hal sebagai berikut, kecuali.......
A.
Kas Negara yang kosong
B.
Utang luar negeri yang berat
C.
Perang yang memakan biaya besar
D.
Pemasukan uang dari penanaman kopi tidak
banyak
E.
Keinginan para bupati untuk mendapatkan
culture procenten
24.
Kebijakan ekonomi merkantilisme yang
diterapkan negara-negara Eropa pada abad pertengahan menetapkan standar devisa
berupa...
A.
Rempah-rempah
B.
Batu-batuan
C.
Mutiara
D.
Berlian
E.
Emas dan mutiara
25.
Perjanjian yang dibuat antara Portugis
dan Spanyol untuk mengakhiri pertikaian mereka di Maluku yaitu perjanjian
........
A.
Tordesilas
B.
Saragosa
C.
Tuntang
D.
Bongaya
E.
Giyanti
26.
Salah
satu faktor pesatnya tradisi dan ajaran Islam berkembang di Pulau Jawa adalah
A. Rakyat
Pulau Jawa dengan mudah dan tanpa ragu-ragu memeluk Islam
B. Rakyat
Pulau Jawa mengikuti apapun agama yang dipeluk rajanya
C. Peran
Wali Songo dalam menyebarkan Islam
D. Penyebaran
Islam melalui pemaksaan
E. Upacara
keagamaan Islam sangat kompleks
27.
terjadinya perang saudara di Banten disebabkan oleh
A.
Terjadinya perebutan tahta
B.
Adanya perbedaan paham antara Sultan
Ageng dengan Sultan Haji
C.
Adanya rasa tidak puas dari kalangan
Mangkubumi
D.
Kekhawatiran Belanada dengan kebesaran
Kerajaan Banten
E.
Karena pelaksanaan politik adu domba
Belanda
28.
Kerajaan Mataram mencapai kejayaanya pada masa pemerintah raja?
A. Sultan
Agung
B. Mas
Jolang
C. Martapura
D. Amangkurat
I
E.
Amangkurat II
29.
dibawah ini adalah isi Perjanjian Bongaya (1667 M) , kecuali..
A. VOC
memperoleh hak monopoli dagang di Makassar
B. VOC
mendirikan benteng di Makassar
C. Makassar
melepaskan daerah kekuasannya seperti Bone dan pulau-pulau di luar Makassar
D. Arung
Palaka diakui sebagai Raja Bone
E.
Makassar sebagai kerajaan yang berdaulat
penuh
30.
Terjadinya pertikaian bangsa Spanyol dan bangsa Portugis di Maluku,
mengakibatkan diadakannya Perjanjian Saragosa dengan tujuan
A. Membagi
daerah Maluku menjadi dua kekuasaan
B. Kedua
bangsa tersebut dapat membeli rempah-rempah Maluku
C. Meningkatkan
hubungan kedua bangsa tersebut
D. Menetukan
batas pengaruh dari kedua bangsa tersebut
E.
Kedua bangsa tersebut ditugaskan untuk
menyebarkan agama yang diantunya
31.
Kabinet
wilopo terpaksa harus menyerahkan kembali mandatnya karena dianggap tidak dapat
menyelesaikan peristiwa tujuan morawa, yaitu peristiwa bentrok yang terjadi
antara polisi dengan ....
A.
Masyarakat
setempat & para aparat desa
B. Para
kepala desa yang berdalih melindungi rakyat
C. Para
aparat desa yang bergabung dalam organisasi petani
D. Petani
penggarap lahan milik pemerintah
E.
Petani
yangmilik sendiri
32. Pelaksanaan
konferensi Asia-Afrika di Bandung berhasil diselenggarakan pada masa perdana
menteri.....
A. Burhanuddin
Harahap
B. Muhammad
Hatta
C. Amir
Syarifudin
D. Ali
Sastroamijoyo
E. Natsir
33. Meskipun
situasi politik pada masa demokrasi liberal cenderung tidak stabil , namun masa
kebinet Burhanudin Harapan pemerintah indonesia berhasil menylenggarakan......
A.
Pemilihan
Umum
B.
Konferensi
Inter Indonesia
C.
Politik
Konfrontasi dengan Malaysia
D.
Sidang
Konsitituante
E.
Konferensi
Asia-Afrika
34. Sumitro
Djojohadikusumo adalah seorang ahli ekonomi yang berhasil menentukan sistem
ekonomi....
A. Nasional
B. Karakyatan
C. Etatisme
D. Republik
E.
Negara
kesatuan
35. Salah
satu faktor yang menjadi penyebab kegagalan pelaksanaan program ekonomi benteng
dalam upaya memperbaiki perekonomian nasional adalah ...
A. Terbatasnya
kredit pemerintah
B. Banyaknya
perusahan swasta yang fiktif
C. Penyaluran
kredit yang selalu terhambat
D. Kredit
hanya dinikmati oleh para pengusaha kaya
E. Pengusaha
pribumi cepat ingin menikmati keuntungan & konsumtif
36. Program
perbaikan ekonomi lainya yang dilakukan pemerintah pada masa demokrasi liberal
adalah program ekonomi Ali-Baba . kata Ali mereprentasikan.....
A. Pribumi
yang bekerja pada penguasa etnis tiongkok
B. Etnis
arab yang memiliki modal usaha
C. Para
pengusaha peribumi
D. Pribumi
yang menyelenggarakan usaha barang-barang impor
E. Pribumi
yang memiliki modal untuk usaha
37. Kasus
bantuan ekonomi dan persenjataan militer amerika menyebabkan adanya tuduhan
kepada pemerintahan dalam pelaksanaan politik luar negeri, Indonesia lebih
cenderung ke blok barat yang terjadi pada masa kabinet ....
A. Syahrir
B. Hatta
C. Ali
Sastroamijoyo II
D. Wilopo
E. Sukiman
38. Pada
masa demokrasi terpimpin terdapat partai politik besar yang berkuasa dalam
kabinet,yang tidak termasuk sebagai partai besar tersebut adalah ...
A. Nahdatul
Ulama
B. Majelis
Syuro Muslim indonesia
C. Partai
Sosialis Indonesia
D. Partai
Nasional Indonesia
E. Partai
Komunis Indonesia
39. Pada
pelaksanan demokrasi terpimpin meskipun secara normatif kedaulatan rakyat
dilaksanakan sepenuhnya oleh MPR, tetapi kenyataannya kekuasaan sepenuhnya
berada ditangan ....
A. Perdana
menteri
B. Presiden
C. Ketua
MPR
D. Perwakilan
partai politik terbesar
E. Wakil
presiden
40.
Pada
masa demokrasi terpimpin, selain mendapat dukungan kuat dari angkatan darat ,
presiden juga mendapat dukungan penuh dari ....
A. Partai
komunis indonesia
B. Partai
nasional indonesia
C. Nahdatul
ulama
D. Masyumi
E. Partai
sosialis indonesia
41. Dalam
situasi yang berbeda dalam kondisi yang tidak mampu, presiden kemudian menunjuk
............. untuk membantunya membentuk kabinet baru .
A. Mohammad
hatta
B. Syahrir
C. Djuanda
D. Soekiman
E. Wiolop
42. Salah
satu program dari kabinet karya adalah membentuk dewan nasional yang bertujuan
.....
A. Menggabungkan
seluruh kekuatan nasional yang prointegrasi
B. Membangun
perekonomian negara agar lebih merata
C.
Memilih
orang-orang nonpartai untuk menjadi mentri
D. Membentuk
kabinet ahli atau zaken kabinet
E. Menampung
dan menyalurkan aspirasi masyarakat daerah
43. Gerakan
separatisme yang muncul pada antara 1950-1958 menjadi kuat karena .........
A.
Mendapat
bantuan persenjataan dari luar negeri
B. Pemerintah
pusat lambat dalam bertindak menumpas gerakan
C. Para
politis lebih mementingkan kepetinagan golongan/partai
D. Mendapat
dukungan dari para pengusaha
E. Negara
tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan gerakan
44. Para
mantan anggota pasukan Belanda yang
tergabung dalam KL dan KNIL turut serta membantu gerakan separatisme sebab
.............
A. Keahlian
bertempur mereka sangat dibutuhkan
B. Mereka
tidak ingin kembali ke negara asalnya
C. Merasa
tidak memiliki kepastian akan setatus mereka setelah KMB
D. Mereka
dijanjikan untuk mendapat gaji yang tinggi
E. Persenjataan
mereka lebih modern & lengkap
45. Abdul
Hasir Nasution selain dianggap sebagai perwira senior yang berjasa dalam
menumpas pemberontakan , juga dikenal memiliki keahlian dalam .....
A. Hukum
militer
B. Perang
gerilya
C. Menggunakan
senjata
D. Strategi
perang
E. Hukum
internasional
46. Pembrontakan
yang dipimpin oleh Westerling , Andi Aziz, dan Soumokil dilatarbelakangi oleh
masalah pokok , yaitu keinginan mereka untuk .....
A. Mempertahankan
bentuk negara fedral di indonesia
B. Menjadi
pasukan pengamanan sendiri di wilyah konflik
C. Mempunyai
pemerintahan sendiri di wilayah konflik
D. Tidak
bergabung dengan negara Indonesia Timur
E. Memperoleh
status kemiliteran yang jelas dalam NKRI
47. Tokoh
belanda yang mengusulkan pembentukan Negara Republik Indonesia Serikat
adalah......
A. Ventje
Sumual
B. Westerling
C. Dr.
Soumokil
D. Howard
Wrignis
E. Wiedenreich
48. Berkat
perjuangan sejumlah tokoh dalam mewujudkan intergrasi nasional , Indonesia
akhirnya kembali menjadi negara kesatuan republik indonesia pada ......
A. 17
Agustus 1949
B. 17
Agustus 1950
C. 18
Agustus 1949
D. 18
Agustus 1950
E. 19
Agustus 1949
49. Setelah
melalui pemerintahan sementara PBB dan UNTEA, bendera Merah Putih dapat
dikibarkan di Irian Barat pada ......
A. 1961
B. 1962
C. 1963
D. 1964
E. 1965
50.
Setelah adanya dekrit presiden 5 Juli
1959 sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia adalah .....
A. Demokrasi
pancasila
B. Demokrasi
terpimpin
C. Demokrasi
liberal
D. Demokrasi
gabungan
E. Demokrasi
presidensil
B. ESSAY
51. Salah
satu berkembangnya pelabuhan banten makasar dan aceh adalah karena adanya
peristiwa
52. Tujuan
kerajaan Demak mengirim fatahilah ke jawa barat adalah untuk...
53. Faktor
utama yang menyebabkan agama islam dapat diterima dan berkembang pesat karena
....
54. Program
perbaikan ekonomi nasional yang dirancang pada masa Kabinet Natsir disebut
dengan program ....
55.
Ketika
Yogyakarta diserbu oleh Belanda dan para pimpinan pemerintah ditangkap dan
dipenjarakan, pusat pemerintahan dipindahkan ke Bukit Tinggi yang kemudian
dikenal dengan nama....
Langganan:
Postingan (Atom)