Minggu, 22 April 2018

GURU, GAJI SATU MINGGU, WAJIB DATANG SATU BULAN.

Bu guru Mariyatun lagi ngajar sebelum ngojek
Gaji Satu Minggu, Wajib datang satu bulan,
Menjadi buah simalakama itulah ungkapan yang cocok untuk profesi guru.

Guru bukanlah buruh tapi

Jumat, 13 April 2018

DEBAT CAGUB JATIM DAN WAKILNYA, YANG "EGOIS"?

Debat sesi 1
Pagi itu aku mendapatkan whatsaap dari sahabatku.
Aku diminta untuk melihat acara debat calon Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur sesi satu malam nanti.

Selasa, 10 April 2018

ANAK TK DI TILANG POLISI

 anak tk naik motor di jalan raya bagaiamana model ortunya?
Tulisan ini, tidak bermaksud menggurui dan menasehati orang lain. Tapi
hanya untuk membuat ingat dan selalu ingat kepada si penulis sendiri, yang kualitas dirinya, masih jauh  panggang dari apinya.

#Anak ini ngakunya  masih sekolah TK. Ketika di berhentikan Polisi karena naik sepeda motor di jalan raya,

Sabtu, 07 April 2018

MURID NAKAL,KARENA TIDAK PAHAM MAKSUD GURUNYA


Munif chatib Trainer gurunya manusia
Walaupun bicara tentang murid nakal, sesungguhnya "tidak ada murid yang nakal",(begitu kesimpulan Tulisan ini). Yang ada itu hanya belum ada kesepahaman antara maunya murid dan maksudnya guru.


bagaimana cara meng-harmoni-kan keduanya? siapa yang salah, guru atau muridnya ? yuk kita baca tulisan ini, sampai habis. Agar guru semakin hebat di mata murid muridnya.
Tulisan ini lugas tapi bisa di tiru untuk di praktekan guru. selamat membaca!!!!!

Senin, 02 April 2018

ANDAIKAN INI, ADALAH INDONESIA

Andaikan ini, adalah Indonesia ku betapa senangnya hatiku betapa gembiranya bangsaku, dan betapa makmurnya rakyat Negeriku.

Sayang ..........ini belum terjadi di Indonesiaku.
Aku sunguh  tidak mengerti, apakah tulisan ini benar atau tidak, kisah nyata atau fiksi belaka.
Aku  juga ndak mengerti apakah penulis nya jujur atau hanya imajinasi saja, apakah sang penulis pernah ke Negara yang di ceritakan atau hanya mengandai-andai Saja. Sekali lagi, Aku tidak mengerti.

Aku  juga tidak mengenal siapa penulis kisah dan cerita yang di hadapanku ini,
aku hanya bisa meminta izin untuk berbagi,hanya  kepada yang mengirim tulisan inspiratif ini kepadaku.

Tapi tulisan iNi sangat elok untuk di baca, pesan moralnya sungguh luar biasa. maka jika di Negara Aku tercinta ini,bisa di terapkan sungguh penduduk ini akan sangat bahagia.dan sejahtera.


Sebagian penduduk ini merasa menderita karena sebagian besar manajernya /pemimpinnya bertolak belakang dengan yang ada di cerita ini. Yang banyak terjadi di negeriku seperti kisah wanita mahasiswa ini.

Inilah cerita itu,.... selamat menikmati

Senin, 26 Maret 2018

REMIDI SEJARAH PEMINATAN KELAS XI SMADUDRY


JAWABAN DI TARUH DI KOLOM KOMENTAR. 
FORMAT JAWABAN ANTAR SISWA HARUS BEDA JIKA SAMA DI ANGGAP NGERPEK/ BUKAN HASIL KARYA SENDIRI ... TENTU NILAI AKAN BEDA WALAU  BETUL SEMUA

JANGAN LUPA NO ABSEN NAMA DAN KELAS DI CANTUMKAN


 
1. Organisasi pergerakan nasional yang nonkooperatif memiliki ciri ..........
a.Radikal..           b.moderat
c.demokrat.       d.Liberal
d.komunikatif
2. Liberalisme merupakan paham yang menghendaki
a. Persamaan kelas dalam masyarakat
b. Adanya jaminan kebebasan individu.
c. Pembatasan terhadap usaha perseorangan.
d. Kebebasan hidup tanpa jaminan hukum.
e. Dihapuskannya sistem perpajakan yang dianggap menghambat kebebasan individu.
3. Suatu paham yang mengutamakan kebebasan hidup bermasyarakat dan kemerdekaan individu disebut
a. Komunisme                   b. Liberalisme.
c. Pan islamisme               d. Nasionalisme
e. Sosialisme.
4. Paham di Eropa yang berusaha untuk mendapatkan emas sebanyak-banyaknya dalam rangka mencapai kejayaan disebut dengan
a. Merkantilisme              b. Kapitalisme
c. Liberalisme.                   d. Sosialisme
e. Profesionalisme
5. Berikut ini beberapa hak oktroi yang diberikan kepada VOC kecuali
a. Hak monopoli perdagangan
b. Hak melakukan pungutan pajak sendiri
c. Hak memiliki Angkatan Perang sendiri
d. hak mengadakan perjanjian
e. Hak menguasai Indonesia.
6. Dalam melawan rakyat Aceh salah satu strategi yang digunakan Belanda ialah....
a.cultur stelsel                   b.Continental stelsel
c.consentrasi stelsel.      d.devide et impira.
e.benteng stelsel.


7. Perang Diponegoro bagi pihak Belanda membawa akibat....
a. Sistem tanam paksa dihapuskan.
b. Keuangan Belanda terkuras untuk biaya perang.
c. Belgia menyatakan lepas dari kekuasaan Belanda.
d. Dihapuskannya sistem perbudakan di Jawa.
e .Belanda mendapatkan tekanan dari dunia internasional.
8. Faktor-faktor yang mendorong didirikannya VOC adalah.....
a. Menghindari persaingan antar pedagang Belanda dan pedagang lain.
b. Membuat Belanda kaya raya.
c. perusahaan mengisi kekosongan kas Belanda.
d. Mempererat hubungan antar pedagang Belanda.
e. Membantu pemerintah Belanda dalam menjual hasil industrinya.
9. Pelopor politik etis yang mengeluarkan pemikiran tentang pembangunan Negeri jajahan adalah...
a. Diponegoro.                  b. Van Deventer.
c.Douwes dekker.           d.Hasanudin
e.Multatuli
10 Salah satu tujuan didirikannya Budi Utomo adalah....
a. Supaya Jawa bebas dari Belanda
b. Supaya Stopia lebih maju
c. Supaya Belanda membuatkan tawanan politik
d. supaya keberanian rakyat meningkat.
e. Memajukan pengajaran ilmu pengetahuan dan seni budaya Indonesia.
11. Paham yang memiliki tujuan untuk mempersatukan umat islam sedunia adalah...
a. demokrasi.                     b. liberalisme.
c. Pan islamisme.              d sosialis.
e. komunis.
12 Gerakan nasional Indonesia dipelopori oleh...
a. Orang kaya.                   b. seorang miskin.
c. Kaum terpelajar.          d. Kaum duafa
e.organisasi.
13. Yang berhasil dikuasai pertama kali lo jepang di indonesia adalah daerah....
a.Tarakan                            b.jawa timur
c. Jawa tengah                  d.Bandung
e.Sumatra pelembang
14. Gerakan yang dibentuk oleh 4 serangkai adalah..
a.putera                               b.Jawa hokokai
c.peta                                   d.Keibodan.
e.Jayamahe.
15.barisan wanita yang dibentuk oleh jepang adalah..
a. fujinkai.                           b.seinendan.
c.Keibodan.                        d.Heiho
e.fujiyama
16. Salah satu kebijakan militer jepang pada masa pendudukan nya di indonesia adalah...
a. Membentuk organisasi militer.
b. Melawan berbagai gerakan revolusi di daerah.
c. Menghancurkan semua benteng pertahanan Belanda.
d. Menawan perwira Belanda.
e. Mengangkat tinggi-tinggi Belanda untuk duduk dalam memerintah.
17. Pada tahun 1942 awal pendudukan Jepang di Aceh terjadi pemberontakan di Lhokseumawe yang dipimpin oleh...
a.KH.Zainal Mustofa       b.Teuku Abdullah.
c.Teuku Mustofa.            d. Teuku Abdul Jalil
e. Teuku Hamid.
18. PPKI berhasil mengadakan sidang pada 18 Agustus 1945 dengan hasil mengesahkan dan menetapkan....
a.pancasila                          b.UUD 1945
c.Piagam Jakarta               d.Ir sularno
e.Ir.Sukarno
19Dilihat dari segi ekonomi latar belakang lahirnya pergerakan nasional Indonesia ialah adanya...
a. Pengaruh dari kaum cendekiawan.
b. Kemiskinan akibat penjajahan Belanda.
c. Tidak diberi kesempatan memerintah.
d. Kejayaan bangsa Indonesia pada masa lampau.
e. Pengalaman tokoh-tokoh agama yang kuat.
20. Suatu paham yang pertama kali muncul di Perancis dan dikembangkan oleh Karl Marx adalah....
a. Liberalisme.                   b. Pan islamisme
c. Komunisme.                  d nasionalisme.
e. sosialisme.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1.       Sebutkan faktor-faktor intern yang mendorong terbentuknya nasionalisme di Indonesia.?
2.       Jelaskan pengertian nasionalisme?
3.       Mengapa tokoh-tokoh nasionalis Indonesia bersedia bekerjasama dengan pihak Jepang?
4.       Jelaskan yang dimaksud dengan istilah Romusha.?
   5     Sebutkan organisasi-organisasi militer b

REMIDI SEJARAH PEMINATAN X SMA DARUL ULUM

JAWABAN DI TARUH DI KOLOM KOMENTAR. 
FORMAT JAWABAN ANTAR SISWA HARUS BEDA JIKA SAMA DI ANGGAP NGERPEK/ BUKAN HASIL KARYA SENDIRI ... TENTU NILAI AKAN BEDA WALAU  BETUL SEMUA

JANGAN LUPA NO ABSEN NAMA DAN KELAS DI CANTUMKAN

REMIDI SEJARAH INDONESIA UTS GENAP KELAS X SMADU 18


JAWABAN DI TARUH DI KOLOM KOMENTAR. 
FORMAT JAWABAN ANTAR SISWA HAUS BEDA JIKA SAMA DI ANGGAP NGERPEK/ BUKAN HASI KARYA SENDIRI ... TENTU NILAI AKAN BEDA WALAU  BETUL SEMUA

JANGAN LUPA NO ABSEN NAMA DAN KELAS DI CANTUMKAN

Minggu, 25 Maret 2018

UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS




MELALUI  METODE SIMULASI  PADA KELAS X APK 2
SMK SUNAN GIRI MENGANTI
GRESIK

BERHENTILAH BERKELUH KESAH



Berhentilah berkeluh kesah,gantilah dengan bersyukur.
Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir, ia ditimpa kesusahan, ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan, ia amat kikir. Qs : 70 : 19-20
inilah gambaran manusia yang di beritakan dalam al Qur"an

Rabu, 21 Maret 2018

"MURID KOPI" DAN "GURU GULA"



kopi
Murid kopi dan Guru Gula adalah analogi persembahan "amal" anak manusia dalam universitas bumi langit, di kampus kehidupan .

Nuansa nya mengalir bagai air, pemandangannya Indah laksana purnama, dan wujudnya  lembut bagaikan mamiri .

Selasa, 20 Maret 2018

PAI KELAS 12 SEMESTER 2 LATIHAN SOAL



LATIHAN SOAL BAB VII

     1.      Tidaklah bermanfaat tanda-tanda kekuasaan Allah dan para Rasul-Nya bagi orang yang tidak ...
a.       Berakal
b.      Mendengar
c.       Berharta
d.      Berilmu
e.       Beriman

MATA UJIAN : MATEMATIKA, BIOLOGI, FISIKA, KIMIA DAN IPA TERPADU

_________________________________________________________________________________________________________

    Keterangan    : Mata Ujian MATEMATIKA  nomor   1 sampai nomor 15
            Mata Ujian BIOLOGI    nomor 16 sampai nomor 30
            Mata Ujian FISIKA    nomor 31 sampai nomor 45
            Mata Ujian KIMIA    nomor 46 sampai nomor 60
            Mata Ujian IPA TERPADU  nomor 61 sampai nomor 75

MATEMATIKA


Gunakan Petunjuk A dalam menjawab soal nomor 1 sampai
nomor 12

1.  Jika suku banyak   + + + 3 2
2 5 ax x x b  dibagi  - 2
( 1) x 
menghasilkan sisa (6x + 5) maka   a + 3b   sama
dengan …

Jumat, 16 Maret 2018

MURID" JURAGAN" GURU "UPAHAN"



Kisah ini adalah fiktif belaka, jika ada kesamaan nama tempat dan peran maka Anggaplah itu sesuatu yang tidak pernah ada.

Adalah di suatu tempat

Selasa, 13 Maret 2018

Minggu, 11 Maret 2018

ANAK NAKAL,KARENA DO'A ORANG TUANYA ?


 Hasil gambar untuk gambar bayi lucu

Tulisan ini bukan bermaksud menghukum, bukan pula untuk merendahkan upaya manusia sebagai orang tua dalam mendidik putra putrinya, tetapi lebih pada upaya untuk mengingatkan diri penulis kususnya dan pembaca pada umumnya.

Pada kesempatan ini penulis membatasi kata  "NAKAL" yang dimaksudkan penulis adalah perilaku menyimpang dari norma agama dan sosial yang biasaanya mulai dilakukan anak-anak seusia  SMP-SMA yang sedang mencari jati diri.

Dalam paparan berikut ini,saya akan memulai dengan sebuah sabda Rasullullah saw,yakni manusia pilihan Allah yang menjadi panutan umat, yaitu hadist Nabi  tentang prinsip dasar kelahiran anak manusia :

Sabtu, 03 Maret 2018

MONDOK KAN ANAK ITU NDAK ENAK ?

Hasil gambar untuk gambar anak mondok
Kisah ini ditulis berdasar pengalaman penulis dalam menitipkan putra-putrinya di pesantren. selama
9 tahun.


Siapa bilang mondok dan memondokkan anak itu enak ?

SOAL SEJARAH KELASXII SMADU GRESIK



01. Raja-raja  Nusantara  yang  berhasil  mengusir kolonialisme  di  wilayah  kekuasaannya
adalah ....

Rabu, 28 Februari 2018

UAS IPS Kelas X SMK Semester 2



UAS  IPS Kelas X SMK Semester 2
1.   Berikut ini adalah barang-barang yang sudah tidak dapat diperbaharui lagi adalah…, kecuali….

a.     Minyak bumi
b.    NASI
c.     Batu bata
d.    ketela pohon
e.     Perkebunan teh

Selasa, 27 Februari 2018

SULUK SUNAN BONANG




SULUK SUNAN BONANG 
 [rumi2.jpg]
original post by Dr.Abdul Hadi W. M. ( Sastrawan-Budayawan, Dosen ICAS-Jakarta, Universitas Paramadina & Univ.Indonesia )

SALIK DAN GURU MURSYID

Karya-karya Sunan Bonang yang dijumpai hingga sekarang dapat dikelompokkan menjadi dua:

(1) Suluk-suluk yang mengungkapkan pengalamannya menempuh jalan tasawuf

Senin, 19 Februari 2018

Minggu, 18 Februari 2018

SOAL SEJARAH SMA



KUMPULAN SOAL SEJARAH KELAS X SEMESTER 1

KUMPULAN SOAL SEJARAH KELAS X SEMESTER 1 
1.        S SEcara etimologi, kata “sejarah” yang berarti pohon berasal dari bahasa …

Selasa, 13 Februari 2018

BENARKAH RADEN PATAH DURHAKA KEPADA AYAHANDANYA SENDIRI ? .



Munculnya kesultanan Islam atau kerajaan Islam di Demak


Berbicara tentang kesultanan Islam Demak,dalam tulisan Ini tidak akan dibatasi

Minggu, 04 Februari 2018

HAM PENYEBAB KENAKALAN ANAK SLTA ?

Maraknya prilaku kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan oleh anak-anak terhadap

GURU YANG TERBELENGGU OLEH "ANCAMAN SISWANYA"

GURU YANG TERBELENGGU OLEH "ANCAMAN SISWANYA"

GURU TERPEDAYA
Rujukan dalam laporan pengaduan kekerasan terhadap anak oleh guru adalah Pasal 54 UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa “Anak di dalam dan di lingkungan sekolah wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau teman-temannya di dalam sekolah yang bersangkutan, atau lembaga pendidikan lainnya.
” Adapun jenis-jenis kekerasan tercantum pada pasal 69, yaitu kekerasan fisik, psikis, dan seksual. Sedangkan pada webb Wikipedia disebutkan ada empat kategori utama tindak kekerasan terhadap anak, yaitu : (1) pengabaian, (2) kekerasan fisik, (3) pelecehan emosional/ psikologis, dan (4) pelecehan seksual anak.

Dengan undang undang perlindungan anak tersebut,sering kali di buat lebay oleh orang tua atau LSM.
Masalah yang semestinya hanya sederhana dan bisa selesai lewat musyawarah tapi kalau sudah di laporkan baik ke lsm atau kepolisian menjadi rumit dan cenderung menjadi besar.

Akhirnya dari dilema yang di alami guru seperti ini, membuat para guru menjadi kurang tegas terhadap siswa yang nakal atau melanggar tata tertib sekolah. Para siswa siswa nakal tersebut dibiarkan saja, dari pada nantinya guru terkena masalah hukum. 

Ketidaktegasan guru berdampak terhadap semakin rendahnya wibawa guru di hadapan siswa, khususnya di kalangan siswa-siswa yang nakal. Mereka semakin seenaknya melanggar tata tertib sekolah, karena mereka punya anggapan meski melanggar tetap tidak akan dihukum.

Bagaimana jika yang dianiaya adalah gurunya sebagaimana kasus guru budi di SMA N Torjun Sampang Madura ? LSM mana yang membela guru budi yang teraniaya?

3 PROSES PENDIDIKAN KITA

Proses pendidikan yang seharusnya meliputi tiga ranah, yaitu
1     : Sikap, 
2     : Pengetahuan, 
3     : keterampilan, 

Tetapi jika proses pendidikan hanya lebih dominan pada ranah pengetahuan saja, Akibatnya, banyak anak pintar tapi sikap dan perilakunya kurang benar, banyak anak cerdas tapi akhlaqnya kurang waras
sopan dan santunnya tidak pernah terhimpun,


KOMPETENSI KEPRIBADIAN
Kompetensi ini merupakan salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh para guru pendidik, selain kompetensi pedagogik, profesional, dan sosial.

Kompetensi kepribadian erat hubungannya dengan sikap, ucapan, dan perbuatan guru ketika mengajar.(akhlaq guru sebagai tauladan Murid) Hal ini juga berkaitan dengan kematangan emosional sang guru yang bersangkutan. 

Pada pasal 3 ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru disebutkan bahwa indikator dari kompetensi kepribadian seorang guru antara lain : 
  1. (a) beriman dan bertakwa,
  2.  (b) berakhlak mulia, 
  3.  (c) arif dan bijaksana,
  4.  (d) demokratis, 
  5.   (e) mantap,
  6.  (f) berwibawa, 
  7.  (g) stabil, 
  8.  (h) dewasa, 
  9.  (i) jujur, 
  10.  (j) sportif, 
  11.  (k) menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat,
  12.  (l) secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri, dan 
  13.  (m) mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.
 UUPA( Undang Undang Perlindungan Anak)
 
Undang-undang Perlindungan Anak (UUPA) pada dasarnya bertujuan baik, yaitu untuk melindungi anak dari tindak kekekerasan dan kesewenang-wenangan. akan tetapi keberadaan UUPA jangan sampai membelenggu dan menyandera guru dalam mendidik di kelasnya. Berikanlah kembali otonomi mendidik kepada guru. 

Karena setiap guru memiliki harapan agar setiap anak didiknya menjadi anak yang cerdas, terampil, dan memiliki budi pekerti luhur dan ahklaq yang mulia. 

Dalam Kasus yang di alami guru Budi di sampang beberapa waktu lalu apakah akan di proses sesuai hukum ataukah akan ada pembelaan dari komisi perlindungan anak ? Apakah anak itu tetap sekolah dan tidak di keluarkan dari sekolah yang bersangkutan.

Jika jawabanya adalah iya, ( ia tetap murid dan sekolah di lembaga itu) maka sungguh kewibawaan guru dan keberadaan guru  telah terpenjara dalam kebebasan mendididik siswanya.

Sabtu, 03 Februari 2018

GURU BUDI TERANIAYA MURID "GILA""

Dunia pendidikan tercederai lagi ........
Guru menjadi korban lagi ............
Guru dianiaya lagi, adalah bpk Ahmad

Rabu, 31 Januari 2018

LATIHAN USBN SEJARAH SMADU






DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

LATIHAN UJIAN SEKOLAH

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

LEMBARAN SOAL


                                    Mata Pelajaran            : SEJARAH
                                    Program Keahlian       : Semua Program Keahlian
                                    Hari, Tanggal              :
                                    Pukul                           :
                                    Waktu                         : 90 menit



PETUNJUK UMUM

1.  Isikan identitas Anda kedalam Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang tersedia dengan  menggunakan pensil 2B.
2.      Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut
3.      Jumlah soal sebanyak 55 butir soal, 50 soal pilihan ganda, 5 essay
4.      Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya
5.      Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.
6.      Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas,  rusak,  atau tidak lengkap
7.      Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian bila diperlukan
8.      Tidak diizinkan menggunakan kalkulator,  HP,  tabel matematika,  atau alat bantu hitung lainnya
9.      Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian
10.  Lembar soal tidak boleh dicorat-coret,  difoto copy,  atau digandakan





A.      PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat diantara lima jawaban yang tersedia.

1.        Anthony H. Johns mengatakan bahwa proses Islamisasi dilakukan oleh para musafir dari Mekkah yang datang ke Kepulauan Indonesia. Teori serupa juga diungkapkan oleh ….
A.  Hoesein Djajadiningrat yang mengatakan bahwa Islam berasal dari tanah kelahirannya
B.  C. Snouck k Hurgronye yang didasarkan pada batu nisan Sultan Malik Al-Saleh
C.  Buya Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah) yang mengatakan bahwa Islam masuk sejak abad ke-7 M
D.  J.P. Moquetta yang didasarkan pada batu nisan di Pasai dan makam Maulana Malik Ibrahim yang wafat tahun 1419 di Gresik
E.   Hoesein Djajadiningrat yang didasarkan pada tradisi tabot di Pariaman

2.        Jika diperhatikan seni ukir telah ada di Kepulauan Indonesia sejak lama tetapi masuknya pengaruh Islam telah membawa pengaruh besar dalam perkembangan seni ukir. Mengapa demikian?
A.  Perkembangan Islam di zaman madya memperbolehkan untuk melukis makhluk hidup
B.   Pada zaman Islam madya para seniman mengembangkan seni ukir dengan motif daun-daunan dan bunga-bungaan
C.   Para seniman membuat perkumpulan seniman kaligraf
D.  Munculnya kreasi baru dengan menyamarkan lukisan makhluk hidup dan menambahkan huruf Arab
E.   Pada masa sesudah zaman madya para seniman tidak leluasa mengembangkan kreasinya

3.        Bukti bahwa toleransi beragama di Kerajaan Singosari berjalan sangat baik adalah ….
A.  jenazah Kertanegara yang dicandikan di Candi Jawi dan Candi Singosari
B.   tertulis dalam kitab Pararaton
C.   terjadi sinkretisme antara agama Hindu dan Budha menjadi bentuk Syiwa Buddha
D.  perkawinan antara Raja Jayasingawarman dengan saudara perempuan Kertanegara
E.   dibangunnya sebuah benteng di Canggu Lor

4.      Selama periode Hindu-Buddha telah terbentuk kekuatan besar Nusantara yang memiliki kekuatan integrasi secara politik terutama jika dihubungkan dengan kebesaran Kerajaan Sriwijaya, Singhasari dan Majapahit. Maksud dari kekuatan integrasi politik adalah ....
A.  kemampuan kerajaan tradisional dalam menguasai wilayah yang luas dan menempatkan 
   kekuasaannya dalam kesatuan politik
B.  pernyataan dari Mohammad Yamin yang mengatakan bahwa ketiganya merupakan suatu bentuk negara nasional
C.  kemampuan kerajaan tradisional untuk melakukan perundingan politik dengan kerajaan lain di luar Kepulauan Indonesia
D.  ketiga kerajaan tersebut mempunyai ikatan kerjasama politik yang baik
E.   kemampuan untuk mengontrol kerajaan-kerajaan kecil dan bisa melindungi kepentingan mereka

5.        Salah satu bentuk akulturasi antara budaya Indonesia dengan budaya India pada bentuk bangunan candi terlihat dari ....
A.    relief yang dilukiskan pada candi
B.     arca atau patung yang terdapat di candi
C.     bentuk stupa
D.    bentuk candi yang berupa punden berundak
E.     hiasan yang terdapat pada candi



6.        Setelah Malaka jatuh ke tangan Portugis tahun 1911, terjadi perubahan jalur perdagangan laut. Dampak dari perubahan tersebut adalah ....
A.    kedatangan pedagang dari Bengal, Turki, Arab, Persia, Gujarat, dan Siam di Aceh
B.     munculnya jalur alternatif dengan melintasi pantai barat Sumatra ke Selat Sunda
C.     munculnya jalur alternatif dengan melintasi pantai timur Sumatra ke Selat Sunda
D.    munculnya pelabuhan perantara baru di Celebes dan Borneo
E.     terjadi peningkatan hubungan dagang dengan bangsa Barat

7.        Pada masa kekuasaan Sultan Agung, Kerajaan Mataram mengalami masa keemasan terutama dalam bidang budaya. Sultan Agung disebut sebagai seorang budayawan, karena ...
A.    Sultan Agung memadukan unsur-unsur budaya Islam dengan budaya Hindu-Buddha
B.     Sultan Agung adalah seorang panatagama
C.     Sultan Agung menyelenggarakan perayaan sekaten untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW
D.    Sultan Agung memadukan unsur-unsur budaya lokal dengan budaya Barat
E.     Sultan Agung menerapkan kehidupan masyarakat yang bersifat feodal

8.        Sultan Ageng Tirtayasa adalah sosok raja yang dapat membawa Kerajaan Banten mengalami kemajuan. Nilai karakter apa yang menonjol dari Sultan Ageng Tirtayasa?
A.    Toleransi beragama
B.     Sifat welas asih
C.     Kedermawanan yang tinggi
D.    Anti kekuasaan asing
E.     Rela berkorban

9.        Berdasarkan bukti sejarah, Islam sudah masuk ke Papua pada pertengahan abad ke-15. Teori yang mengatakan proses Islamisasi di Papua terutama di pesisir barat disebarkan oleh ....
A.    teori yang mengatakan Islam datang disebarkan oleh mubaligh asal Aceh
B.     teori yang mengatakan Islam mulai diperkenalkan oleh Syarif Muaz Al-Qathan
C.     teori yang mengatakan bahwa Islam dikembangkan oleh pedagang-pedagang Bugis
D.    teori yang mengatakan Islam di Papua berasal dari Bacan
E.     teori yang mengatakan bahwa Islam di Papua berasal dari Maluku

10.    Ancaman disintegrasi dan perpecahan akan menyebabkan sebuah negara mengalami kehancuran seperti yang menjadi salah satu penyebab kemunduran Kerajaan Majapahit yaitu
A.    Perang Paregrek
B.     semakin meluasnya pengaruh Islam
C.     Perang Bubat
D.    wafatnya Gajah Mada
E.     terjadinya bencana alam

11.    Tujuan pemerintah kolonial Belanda melaksanakan sistem tanam paksa adalah ....
A.    mengisi kekosongan kas bangsa Indonesia
B.     meningkatkan produksi barang ekspor
C.     mengatasi kesulitan keuangan kerajaan Belanda
D.    membiayai perang yang dilakukan oleh Belanda
E.     mengenalkan tanaman ekspor di Indonesia

12.    Raja Banten yang gigih menentang VOC adalah ....
A.    Sultan Haji
B.     Sultan Abdul Mufakir
C.     Sultan Ageng Tirtayasa
D.    Sultan Maulana Muhammad
E.     Sultan Hasanudin
13.    Raja berikut ini pernah melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Raffles ialah......
A.    Sultan Hamengkubuwono I
B.     Sultan Hamengkubuwono II
C.     Susuhunan Amangkurat I
D.    Susuhunan Amangkurat II
E.     Raden Mas Said

14.    Gubernur Jenderal Belanda yang ditugaskan Prancis di Indonesia adalah.....
A.      Herman Willem Daendels
B.       Louis Napoleon
C.       Napoleon Bonaparte
D.      Francis Drake
E.       Thomas Stamford Raffles

15.    Berikut ini situasi di Eropa yang mempengaruhi kedatangan bangsa Barat ke dunia Timur, yaitu....
A.    jatuhnya kota Konstantinopel
B.     masuknya paham merkantilisme
C.     jatuhnya kota Lisabon ke tangan Spanyol
D.    adanya perang Salib
E.     terjadinya Revolusi Prancis

16.    Penyambungan jalan raya dari Anyer sampai Panarukan pada masa Kolonial bertujuan untuk .....
A.    memperlancar perdagangan
B.     memperlancar lalu lintas umum
C.     tempat perlindungan dan pelarian
D.    mempermudah pergerakan pasukan
E.     menyiapkan kedatangan Napoleon Bonaparte
17.    Belanda berupaya menguasai Bali dengan menyerang pertama kali Kerajaan....
A.    Buleleng
B.     Klungkung
C.     Badung
D.    Menglui
E.     Gilariya

18.    Motivasi kedatangan bangsa Eropa ke Dunia Timur dapat diungkapkan melalui slogan berikut ini.........
A.    Vini, Vidi, Vici
B.     Liberte, Egalitee, Franternite
C.     Gold, Gospel, Glory
D.    Kolonialisme, Imperialisme, Monopolisme
E.     Devide et Impera, Pak Mcdorlandica

19.    Beberapa faktor keberanian bangsa Eropa melakukan pelayaran ke dunia Timur di bawah ini, kecuali .........
A.    diciptakannya konpas sebagai penunjuk arah
B.     adanya teori dari Paus bahwa bumi itu datar
C.     maju dan berkembangnya ilmu perbintangan dan cuaca
D.    jatuhnya Constantinopel ke tangan Islam Turki
E.     ditemukannya jalur pelayaran ke Asia oleh Vasco da Gama

20.    Latar belakang dan factor pendorong kedatangan bangsa bangsa Eropa ke Asia adalah sebagai berikut, kecuali ........
A.    Penemuan mesin uap oleh James Watt
B.     Keinginan menemukan daerah asal rempah-rempah
C.     Keinginan membuktikan teori Copernicus bahwa bumi bulat
D.    Rasa tertarik kepada buku karya Marcopolo berjudul Imago Mundi yang menceritakan kesuburan Asia
E.     Runtuhnya Konstamtinopel ke tangan bangsa Turki yang menyebabkan terputusnya hubungan dagang Asia-Eropa
21.    Agar VOC leluasa dalam melaksanakan tugasnya, pemerintah Belanda memberikan hak-hak istimewa kepada VOC yang meliputi hak-hak sebagai berikut, kecuali........
A.    memiliki tentara sendiri
B.     mencetak uang sendiri
C.     menyatakan perang dan damai
D.    mengangkat dan memberhentikan pegawai
E.     mendirikan Negara merdeka di seberang lautan

22.    Hak VOC untuk menebang tanaman rempah-rempah di Maluku agar harganya stabil disebut....
A.    Eksterpasi
B.     Contingenten
C.     Ponale Sanctie
D.    Pelayaran Hongi
E.     Verplihte Leverantie

23.    Sistem tanam paksa yang diusulkan Van Den Bosch didorong oleh hal-hal sebagai berikut, kecuali.......
A.    Kas Negara yang kosong
B.     Utang luar negeri yang berat
C.     Perang yang memakan biaya besar
D.    Pemasukan uang dari penanaman kopi tidak banyak
E.     Keinginan para bupati untuk mendapatkan culture procenten

24.    Kebijakan ekonomi merkantilisme yang diterapkan negara-negara Eropa pada abad pertengahan menetapkan standar devisa berupa...
A.    Rempah-rempah
B.     Batu-batuan
C.     Mutiara
D.    Berlian
E.     Emas dan mutiara

25.    Perjanjian yang dibuat antara Portugis dan Spanyol untuk mengakhiri pertikaian mereka di Maluku yaitu perjanjian ........
A.    Tordesilas
B.     Saragosa
C.     Tuntang
D.    Bongaya
E.     Giyanti

26.    Salah satu faktor pesatnya tradisi dan ajaran Islam berkembang di Pulau Jawa adalah
A.    Rakyat Pulau Jawa dengan mudah dan tanpa ragu-ragu memeluk Islam
B.     Rakyat Pulau Jawa mengikuti apapun agama yang dipeluk rajanya
C.     Peran Wali Songo dalam menyebarkan Islam
D.    Penyebaran Islam melalui pemaksaan
E.     Upacara keagamaan Islam sangat kompleks

27. terjadinya perang saudara di Banten disebabkan oleh
A.    Terjadinya perebutan tahta
B.     Adanya perbedaan paham antara Sultan Ageng dengan Sultan Haji
C.     Adanya rasa tidak puas dari kalangan Mangkubumi
D.    Kekhawatiran Belanada dengan kebesaran Kerajaan Banten
E.     Karena pelaksanaan politik adu domba Belanda

28. Kerajaan Mataram mencapai kejayaanya pada masa pemerintah raja?
A.    Sultan Agung
B.     Mas Jolang
C.     Martapura
D.    Amangkurat I
E.     Amangkurat II

29. dibawah ini adalah isi Perjanjian Bongaya (1667 M) , kecuali..
A.    VOC memperoleh hak monopoli dagang di Makassar
B.     VOC mendirikan benteng  di Makassar
C.     Makassar melepaskan daerah kekuasannya seperti Bone dan pulau-pulau di luar Makassar
D.    Arung Palaka diakui sebagai Raja Bone
E.     Makassar sebagai kerajaan yang berdaulat penuh

30. Terjadinya pertikaian bangsa Spanyol dan bangsa Portugis di Maluku, mengakibatkan diadakannya Perjanjian Saragosa dengan tujuan
A.    Membagi daerah Maluku menjadi dua kekuasaan
B.     Kedua bangsa tersebut dapat membeli rempah-rempah Maluku
C.     Meningkatkan hubungan kedua bangsa tersebut
D.    Menetukan batas pengaruh dari kedua bangsa tersebut
E.     Kedua bangsa tersebut ditugaskan untuk menyebarkan agama yang diantunya

31.    Kabinet wilopo terpaksa harus menyerahkan kembali mandatnya karena dianggap tidak dapat menyelesaikan peristiwa tujuan morawa, yaitu peristiwa bentrok yang terjadi antara polisi dengan ....
A.    Masyarakat setempat & para aparat desa
B.     Para kepala desa yang berdalih melindungi rakyat
C.     Para aparat desa yang bergabung dalam organisasi petani
D.    Petani penggarap lahan milik pemerintah
E.     Petani yangmilik sendiri

32.    Pelaksanaan konferensi Asia-Afrika di Bandung berhasil diselenggarakan pada masa perdana menteri.....
A.    Burhanuddin Harahap
B.     Muhammad Hatta
C.     Amir Syarifudin
D.    Ali Sastroamijoyo
E.     Natsir


33.    Meskipun situasi politik pada masa demokrasi liberal cenderung tidak stabil , namun masa kebinet Burhanudin Harapan pemerintah indonesia berhasil menylenggarakan......
A.    Pemilihan Umum
B.     Konferensi Inter Indonesia
C.     Politik Konfrontasi dengan Malaysia
D.    Sidang Konsitituante
E.     Konferensi Asia-Afrika

34.    Sumitro Djojohadikusumo adalah seorang ahli ekonomi yang berhasil menentukan sistem ekonomi....
A.    Nasional
B.     Karakyatan
C.     Etatisme
D.    Republik
E.     Negara kesatuan

35.    Salah satu faktor yang menjadi penyebab kegagalan pelaksanaan program ekonomi benteng dalam upaya memperbaiki perekonomian nasional adalah ...
A.    Terbatasnya kredit pemerintah
B.     Banyaknya perusahan swasta yang fiktif
C.     Penyaluran kredit yang selalu terhambat
D.    Kredit hanya dinikmati oleh para pengusaha kaya
E.     Pengusaha pribumi cepat ingin menikmati keuntungan & konsumtif

36.    Program perbaikan ekonomi lainya yang dilakukan pemerintah pada masa demokrasi liberal adalah program ekonomi Ali-Baba . kata Ali mereprentasikan.....
A.    Pribumi yang bekerja pada penguasa etnis tiongkok
B.     Etnis arab yang memiliki modal usaha
C.     Para pengusaha peribumi
D.    Pribumi yang menyelenggarakan usaha barang-barang impor
E.     Pribumi yang memiliki modal untuk usaha

37.    Kasus bantuan ekonomi dan persenjataan militer amerika menyebabkan adanya tuduhan kepada pemerintahan dalam pelaksanaan politik luar negeri, Indonesia lebih cenderung ke blok barat yang terjadi pada masa kabinet ....
A.    Syahrir
B.     Hatta
C.     Ali Sastroamijoyo II
D.    Wilopo
E.     Sukiman

38.    Pada masa demokrasi terpimpin terdapat partai politik besar yang berkuasa dalam kabinet,yang tidak termasuk sebagai partai besar tersebut adalah ...
A.    Nahdatul Ulama
B.     Majelis Syuro Muslim indonesia
C.     Partai Sosialis Indonesia
D.    Partai Nasional Indonesia
E.     Partai Komunis Indonesia

39.    Pada pelaksanan demokrasi terpimpin meskipun secara normatif kedaulatan rakyat dilaksanakan sepenuhnya oleh MPR, tetapi kenyataannya kekuasaan sepenuhnya berada ditangan ....
A.    Perdana menteri
B.     Presiden
C.     Ketua MPR
D.    Perwakilan partai politik terbesar
E.     Wakil presiden

40.    Pada masa demokrasi terpimpin, selain mendapat dukungan kuat dari angkatan darat , presiden juga mendapat dukungan penuh dari ....
A.    Partai komunis indonesia
B.     Partai nasional indonesia
C.     Nahdatul ulama
D.    Masyumi
E.     Partai sosialis indonesia

41.    Dalam situasi yang berbeda dalam kondisi yang tidak mampu, presiden kemudian menunjuk ............. untuk membantunya membentuk kabinet baru .
A.    Mohammad hatta
B.     Syahrir
C.     Djuanda
D.    Soekiman
E.     Wiolop

42.    Salah satu program dari kabinet karya adalah membentuk dewan nasional yang bertujuan .....
A.    Menggabungkan seluruh kekuatan nasional yang prointegrasi
B.     Membangun perekonomian negara agar lebih merata
C.     Memilih orang-orang nonpartai untuk menjadi mentri
D.    Membentuk kabinet ahli atau zaken kabinet
E.     Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat daerah

43.    Gerakan separatisme yang muncul pada antara 1950-1958 menjadi kuat karena .........
A.    Mendapat bantuan persenjataan dari luar negeri
B.     Pemerintah pusat lambat dalam bertindak menumpas gerakan
C.     Para politis lebih mementingkan kepetinagan golongan/partai
D.    Mendapat dukungan dari para pengusaha
E.     Negara tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan gerakan

44.    Para mantan anggota  pasukan Belanda yang tergabung dalam KL dan KNIL turut serta membantu gerakan separatisme sebab .............
A.    Keahlian bertempur mereka sangat dibutuhkan
B.     Mereka tidak ingin kembali ke negara asalnya
C.     Merasa tidak memiliki kepastian akan setatus mereka setelah KMB
D.    Mereka dijanjikan untuk mendapat gaji yang tinggi
E.     Persenjataan mereka lebih modern & lengkap




45.    Abdul Hasir Nasution selain dianggap sebagai perwira senior yang berjasa dalam menumpas pemberontakan , juga dikenal memiliki keahlian dalam .....
A.    Hukum militer
B.     Perang gerilya
C.     Menggunakan senjata
D.    Strategi perang
E.     Hukum internasional

46.    Pembrontakan yang dipimpin oleh Westerling , Andi Aziz, dan Soumokil dilatarbelakangi oleh masalah pokok , yaitu keinginan mereka untuk .....
A.    Mempertahankan bentuk negara fedral di indonesia
B.     Menjadi pasukan pengamanan sendiri di wilyah konflik
C.     Mempunyai pemerintahan sendiri di wilayah konflik
D.    Tidak bergabung dengan negara Indonesia Timur
E.     Memperoleh status kemiliteran yang jelas dalam NKRI

47.    Tokoh belanda yang mengusulkan pembentukan Negara Republik Indonesia Serikat adalah......
A.    Ventje Sumual
B.     Westerling
C.     Dr. Soumokil
D.    Howard Wrignis
E.     Wiedenreich

48.    Berkat perjuangan sejumlah tokoh dalam mewujudkan intergrasi nasional , Indonesia akhirnya kembali menjadi negara kesatuan republik indonesia pada ......
A.    17 Agustus 1949
B.     17 Agustus 1950
C.     18 Agustus 1949
D.    18 Agustus 1950
E.     19 Agustus 1949

49.    Setelah melalui pemerintahan sementara PBB dan UNTEA, bendera Merah Putih dapat dikibarkan di Irian Barat pada ......
A.    1961
B.     1962
C.     1963
D.    1964
E.     1965

50.    Setelah adanya dekrit presiden 5 Juli 1959 sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia adalah .....
A.    Demokrasi pancasila
B.     Demokrasi terpimpin
C.     Demokrasi liberal
D.    Demokrasi gabungan
E.     Demokrasi presidensil


B.  ESSAY

51.    Salah satu berkembangnya pelabuhan banten makasar dan aceh adalah karena adanya peristiwa
52.    Tujuan kerajaan Demak mengirim fatahilah ke jawa barat adalah untuk...
53.    Faktor utama yang menyebabkan agama islam dapat diterima dan berkembang pesat karena ....
54.    Program perbaikan ekonomi nasional yang dirancang pada masa Kabinet Natsir disebut dengan program ....
55.    Ketika Yogyakarta diserbu oleh Belanda dan para pimpinan pemerintah ditangkap dan dipenjarakan, pusat pemerintahan dipindahkan ke Bukit Tinggi yang kemudian dikenal dengan nama....