Kamis, 27 Agustus 2020

rpp sejarah smk dan mak

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajar

Kelas/Semester       :     X/1

Satuan Pendidikan  :     SMK/MAK

 

A.    Tujuan Pembelajaran

-    Siswa dapat menjelaskan pengertian mengenai sejarah

-    Siswa dapat mendeskripsikan ruang dan waktu kehidupan manusia

-    Siswa dapat menjelaskan perubahan yang berkelanjutan dalam kehidupan manusia

-    Siswa dapat memahami keterkaitan antara peristiwa kehidupan manusia di masa lalu dengan kehidupan masa kini

Karakter siswa yang diharapkan:

-     Disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab

B.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

        Pertemuan Ke-1 s.d. 6

        Pendahuluan (30 Menit)

1.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar

2.    Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami tentang memahami konsep dasar sejarah

3.    Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari

4.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang konsep dasar sejarah

5.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

6.    Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran

7.    Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa

Kegiatan Inti (480 Menit)

Mengamati:

1.    Guru meminta siswa mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan konsep dasar sejarah

2.    Guru memberikan penjelasan singkat tentang konsep sejarah sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa

3.    Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab

4.    Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati

Menanya:

1.    Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami

2.    Guru membahas dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang konsep dasar sejarah

Mengumpulkan Informasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang konsep dasar sejarah

2.    Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain

3.    Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X dan referensi lain

4.    Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok

5.    Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan

Mengasosiasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi konsep dasar sejarah

2.    Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya

3.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Mengomunikasikan:

1.    Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai konsep dasar sejarah

2.    Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

3.    Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan

Penutup (30 Menit)

1.     Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan

2.     Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan

3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok

4.     Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran

5.     Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya

6.     Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa

7.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

C.    Penilaian

1.    Teknik/jenis            :  kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio

2.    Bentuk instrumen   :  pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap

3.    Pedoman penskoran             :

               Penilaian Sikap     

No.

Aspek yang Dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Instrumen Penilaian

Keterangan

1.

Disiplin

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

2.

Kreatif

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

3.

Mandiri

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

4.

Rasa ingin tahu

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

5.

Tanggung jawab

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

 

Keterangan:

1.     BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas

2.     MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten

3.     MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten

4.     MK (Membudaya), jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten

 

                Penilaian Hasil

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

1.    Menjelaskan pengertian sejarah

2.    Mendeskripsikan ruang dan waktu kehidupan ma-nusia

3.    Menjelaskan perubahan yang berkelanjutan dalam kehidupan manusia

4.    Memahami keterkaitan antara peristiwa kehidup-an manusia di masa lalu dengan kehidupa manusia masa kini

Tes tertulis

Uraian

1.   Apakah yang dimaksud sejarah menurut Muh. Yamin?

2.   Jelaskan peran manusia sebagai subjek sejarah!

3.   Apa yang dimaksud generalisasi?

4.   Sebutkan unsur-unsur sejarah!

5.   Jelaskan pendapat R.Moh. Ali tentang sejarah sebagai peristiwa!

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

…………………………………

Guru Mata Pelajaran

 

 

________________________

NIP.

 

 

 

                             

 

 

________________________

NIP.

 


 

kplRencana Pelaksanaan Pembelajaran (2)

 

Mata Pelajaran        :     Sejarah Indonesia

Kelas/Semester       :     X/1

Satuan Pendidikan  :     SMA/MA

 

A.    Tujuan Pembelajaran

-    Siswa dapat menjelaskan pembabakan praaksara Indonesia

-    Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis manusia purba di Indonesia

-    Siswa dapat menganalisis asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

-    Siswa dapat menjelaskan corak kehidupan masyarakat praaksara

-    Siswa dapat mendeskripsikan perkembangan teknologi dan kebudayaan manusia praaksara di Indonesia

Karakter siswa yang diharapkan:

-     Bersahabat/komunikatif, kreatif, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab

B.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

        Pertemuan Ke-7 s.d.12

        Pendahuluan (30 Menit)

1.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar

2.    Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami tentang kehidupan manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia

3.    Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari

4.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang kehidupan manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia

5.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

6.    Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran

7.    Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa

Kegiatan Inti (480 Menit)

Mengamati:

1.    Guru meminta siswa mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kehidupan manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia

2.    Guru memberikan penjelasan singkat tentang kehidupan manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa

3.    Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, kreatif, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab

4.    Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati

Menanya:

1.    Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami

2.    Guru membahas dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang kehidupan manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia

Mengumpulkan Informasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang kehidupan manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia

2.    Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain

3.    Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X dan referensi lain

4.    Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok

5.    Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan

Mengasosiasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi kehidupan manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia

2.    Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya

3.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Mengomunikasikan:

1.    Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kehidupan manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia

2.    Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

3.    Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan

Penutup (30 Menit)

1.     Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan

2.     Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan

3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok

4.     Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran

5.     Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya

6.     Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa

7.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

C.    Penilaian

1.    Teknik/jenis            :  kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio

2.    Bentuk instrumen   :  pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap

3.    Pedoman penskoran             :

               Penilaian Sikap

              

No.

Aspek yang Dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Instrumen Penilaian

Keterangan

1.

Bersahabat/komunikatif

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

2.

Kreatif

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

3.

Rasa ingin tahu

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

4.

Tanggung jawab

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

 

Keterangan:

1.     BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas

2.     MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten

3.     MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten

4.     MK (Membudaya), jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten

 

                Penilaian Hasil

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

1.    Menjelaskan pembabakan praaksara Indonesia

2.    Mendeskripsikan jenis-jenis manusia purba di Indonesia

3.    Menganalisis asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

4.    Menjelaskan corak kehidupan ma-syarakat praaksara

5.    Mendeskripsikan perkembangan teknologi dan kebudayaan manusia praak-sara di Indonesia

Tes tertulis

Uraian

1. Apakah yang dimaksud stra-tigrafi dalam menentukan usia peninggalan kebudayaan manusia?

2. Jelaskan tentang zaman per-kembangan kehidupan di bu-mi masa Paleozoikum!

3. Sebutkan ciri-ciri manusia purba Pithecanthropus erec-tus!

4. Sebutkan dasar-dasar pen-dapat dari Teori Yunan!

5.  Sebutkan ciri-ciri kehidupan pada masa berburu dan mengumpul-kan makanan tingkat sederhana!

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

…………………………………

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

________________________

NIP.

 

 

 

 

                             

 

 

 

 

________________________

NIP.

 


 

kplRencana Pelaksanaan Pembelajaran (3)

 

Mata Pelajaran        :     Sejarah Indonesia

Kelas/Semester       :     X/1

Satuan Pendidikan  :     SMK/MAK

 

 

A.    Tujuan Pembelajaran

-    Siswa dapat mendeskripsikan masuknya pengaruh budaya India

-    Siswa dapat menjelaskan munculnya negara tradisional (kerajaan) bercorak Hindu-Buddha

-    Siswa dapat mengidentifikasi kebudayaan Hindu dan Buddha di Indonesia

Karakter siswa yang diharapkan:

-     Bersahabat/komunikatif, cinta tanah air, kreatif, rasa ingin tahu, dan semangat kebangsaan

B.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

        Pertemuan Ke-13 s.d. 15

        Pendahuluan (30 Menit)

1.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar

2.    Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami tentang masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha

3.    Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari

4.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha

5.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

6.    Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran

7.    Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa

Kegiatan Inti (210 Menit)

Mengamati:

1.    Guru meminta siswa mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha

2.    Guru memberikan penjelasan singkat tentang masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa

3.    Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, cinta tanah air, kreatif, rasa ingin tahu, dan semangat kebangsaan

4.    Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati

Menanya:

1.    Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami

2.    Guru membahas dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha

Mengumpulkan Informasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha

2.    Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain

3.    Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X dan referensi lain

4.    Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok

5.    Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan

Mengasosiasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha

2.    Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya

3.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Mengomunikasikan:

1.    Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai Masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha

2.    Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

3.    Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan

Penutup (30 Menit)

1.     Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan

2.     Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan

3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok

4.     Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran

5.     Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya

6.     Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa

7.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

C.    Penilaian

1.    Teknik/jenis            :  kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio

2.    Bentuk instrumen   :  pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap

3.    Pedoman penskoran             :

               Penilaian Sikap

              

No.

Aspek yang Dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Instrumen Penilaian

Keterangan

1.

Bersahabat/komunikatif

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

2.

Cinta tanah air

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

3.

Kreatif

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

4.

Rasa ingin tahu

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

5.

Semangat kebangsaan

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

 

               Keterangan:

1.      BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas

2.      MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten

3.      MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten

4.      MK (Membudaya), jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten

               Penilaian Hasil

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

 

1.    Mendeskripsikan masuknya pengaruh budaya India

2.    Menjelaskan munculnya negara tradisional (kerajaan) bercorak Hindu-Buddha

3.    Mengidentifikasi kebudayaan Hindu dan Buddha di Indonesia

Tes tertulis

Uraian

1.   Apa yang dimaksud kasta kesatria dalam golongan masya-rakat Hindu?

2.   Jelaskan tentang proses lahir-nya agama Buddha di India!

3.   Jelaskan tentang proses ma-suknya agama Hindu menurut teori sudra!

4.   Apakah yang dimaksud yupa?

5.   Sebutkan faktor-faktor penyebab kemunduran Kerajaan Sriwijaya!

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

…………………………………

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

________________________

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

________________________

NIP.

 

 


 

kplRencana Pelaksanaan Pembelajaran (4)

 

Mata Pelajaran        :     Sejarah Indonesia

Kelas/Semester       :     X/1

Satuan Pendidikan  :     SMK/MAK

 

 

A.    Tujuan Pembelajaran

-    Siswa dapat menjelaskan kedatangan Islam di Nusantara

-    Siswa dapat menjelaskan Islam masuk istana raja

-    Siswa dapat mengidentifikasi akulturasi dan perkembangan budaya Islam

Karakter siswa yang diharapkan:

-     Bersahabat/komunikatif, kerja keras, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab

B.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

        Pertemuan Ke-16 s.d. 21

        Pendahuluan (30 Menit)

1.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar

2.    Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami tentang islamisasi dan silang budaya di Nusantara

3.    Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari

4.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang islamisasi dan silang budaya di Nusantara

5.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

6.    Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran

7.    Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa

Kegiatan Inti (480 Menit)

Mengamati:

1.    Guru meminta siswa mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan Islamisasi dan silang budaya di Nusantara

2.    Guru memberikan penjelasan singkat tentang islamisasi dan silang budaya di Nusantara sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa

3.    Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, kerja keras, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab

4.    Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati

Menanya:

1.    Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami

2.    Guru membahas dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang islamisasi dan silang budaya di Nusantara

Mengumpulkan Informasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang islamisasi dan silang budaya di Nusantara

2.    Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain

3.    Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X dan referensi lain

4.    Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok

5.    Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan

Mengasosiasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi islamisasi dan silang budaya di Nusantara

2.    Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya

3.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Mengomunikasikan:

1.    Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai islamisasi dan silang budaya di Nusantara

2.    Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

3.    Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan

 

Penutup (30 Menit)

1.     Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan

2.     Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan

3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok

4.     Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran

5.     Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya

6.     Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa

7.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

C.    Penilaian

1.    Teknik/jenis              :  kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio

2.    Bentuk instrumen     :  pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap

3.    Pedoman penskoran  :

               Penilaian Sikap

              

No.

Aspek yang Dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Instrumen Penilaian

Keterangan

1.

Bersahabat/komunikatif

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

2.

Kerja keras

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

3.

Rasa ingin tahu

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

4.

Tanggung jawab

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

 

               Keterangan:

1.     BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas

2.     MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten

3.     MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten

4.     MK (Membudaya), jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten

               Penilaian Hasil

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

1.   Menjelaskan kedatangan Islam di Nusantara

2.   Menjelaskan Islam masuk istana raja

3.   Mengidentifikasi akulturasi dan perkembangan budaya Islam

Tes tertulis

Uraian

1.    Jelaskan ahli dan bukti yang memperkuat masuknya Islam ke Indonesia abad ke-13 M!

2.    Sebutkan dasar dari teori Gujarat tentang penyebaran Islam di Indonesia!

3.    Jelaskan saluran penyebaran Islam di Indonesia melalui Pernikahan!

4.    Sebutkan isi Perjanjian Giyanti!

5.    Jelaskan tentang peninggalan yang berupa karya sastra suluk!

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

…………………………………

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

________________________

NIP.

 

 

 

 

 

                             

 

 

 

 

 

________________________

NIP.

                                                                                                                                                                                                                :               -                                                                                                                                                                                                                     Menghargai dan menghayati                                                                                                                                                                                            :               -                                                                                                                                                                                                                     Menghargai dan menghayati


 

kplRencana Pelaksanaan Pembelajaran (5)

 

Mata Pelajaran        :     Sejarah Indonesia

Kelas/Semester       :     X/1

Satuan Pendidikan  :     SMK/MAK

 

A.    Tujuan Pembelajaran

-    Siswa dapat Mendeskripsikan jejak perburuan “Mutiara dari Timur”

-    Siswa dapat menjelaskan kongsi dagang VOC dan keruntuhannya

-    Siswa dapat mendeskripsikan kolonialisme Barat di Indonesia pascaruntuhnya VOC

-    Siswa dapat menjelaskan perang melawan kongsi dagang

-    Siswa dapat menjelaskan perang melawan pemerintah kolonial Belanda

Karakter siswa yang diharapkan:

-     Bersahabat/ komunikatif, gemar membaca, kreatif, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab

B.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

        Pertemuan Ke-22 s.d. 24

        Pendahuluan (30 Menit)

1.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar

2.    Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami tentang kolonialisme dan imperialisme

3.    Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari

4.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang kolonialisme dan imperialisme

5.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

6.    Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran

7.    Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa

Kegiatan Inti (210 Menit)

Mengamati:

1.    Guru meminta siswa mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kolonialisme dan imperialisme

2.    Guru memberikan penjelasan singkat tentang kolonialisme dan imperialisme sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa

3.    Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/ komunikatif, gemar membaca, kreatif, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab

4.    Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati

Menanya:

1.    Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami

2.    Guru membahas dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang kolonialisme dan imperialisme

Mengumpulkan Informasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang kolonialisme dan imperialisme

2.    Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain

3.    Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X dan referensi lain

4.    Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok

5.    Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan

Mengasosiasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi kolonialisme dan imperialisme

2.    Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya

3.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Mengomunikasikan:

1.    Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kolonialisme dan imperialisme

2.    Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

3.    Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan

 

Penutup (30 Menit)

1.     Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan

2.     Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan

3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok

4.     Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran

5.     Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya

6.     Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa

7.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

C.    Penilaian

1.    Teknik/jenis              :  kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio

2.    Bentuk instrumen     :  pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap

3.    Pedoman penskoran  :

               Penilaian Sikap

              

No.

Aspek yang Dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Instrumen Penilaian

Keterangan

1.

Bersahabat/komunikatif

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

2.

Gemar membaca

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

3.

Kreatif

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

4.

Rasa ingin tahu

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

5.

Tanggung jawab

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

 

               Keterangan:

1.    BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas

2.    MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten

3.    MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten

4.    MK (Membudaya), jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten

               Penilaian Hasil

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

1.    Mendeskripsikan jejak perbu-ruan “Mutiara dari Timur”

2.    Menjelaskan kongsi dagang VOC dan keruntuhannya

3.    Mendeskripsikan kolonialisme Barat di Indonesia pasca-runtuhnya VOC

4.    Menjelaskan perang melawan kongsi dagang

5.    Menjelaskan perang melawan pemerintah kolonial Belanda

Tes tertulis

Uraian

1.    Tuliskan faktor-faktor yang me-latarbelakangi Bangsa Barat ke Dunia Timur!

2.    Jelaskan petualangan, penjelajah-an, dan penemuan dunia baru bangsa Portugis di Indonesia!

3.    Siapa Gubernur jenderal VOC yang pertama di Indonesia?

4.    Sebutkan cara-cara yang ditem-puh Dendels untuk mendapatkan biaya guna mendukung usaha yang dilakukannya!

5.    Apa saja sebab-sebab umum ter-jadinya Perang Diponegoro?

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

…………………………………

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

________________________

NIP.

 

 

 

 

 

                             

 

 

 

 

 

________________________

NIP.

                                                                                                                                                                                                                :               -                                                                                                                                                                                                                     Menghargai dan menghayati                                                                                                                                                                                            :               -                                                                                                                                                                                                                     Menghargai dan menghayati


 

kplRencana Pelaksanaan Pembelajaran (6)

 

Mata Pelajaran        :     Sejarah Indonesia

Kelas/Semester       :     X/1

Satuan Pendidikan  :     SMK/MAK

 

 

A.    Tujuan Pembelajaran

-    Siswa dapat menganalisis dampak penjajahan bangsa Eropa di berbagai bidang

-    Siswa dapat mendeskripsikan lahirnya pergerakan nasional

-    Siswa dapat mendeskripsikan lahirnya Sumpah Pemuda

Karakter siswa yang diharapkan:

-     Bersahabat/komunikatif, gemar membaca, kreatif,dan tanggung jawab

B.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

        Pertemuan Ke-25 s.d. 27

        Pendahuluan (30 Menit)

1.    Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar

2.    Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami tentang dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda

3.    Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari

4.    Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda

5.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

6.    Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran

7.    Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa

Kegiatan Inti (210 Menit)

Mengamati:

1.    Guru meminta siswa mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya pergerakan nasional dan sumpah pemuda

2.    Guru memberikan penjelasan singkat tentang dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa

3.    Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab

4.    Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati

Menanya:

1.    Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami

2.    Guru membahas dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda

Mengumpulkan Informasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda

2.    Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain

3.    Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X dan referensi lain

4.    Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok

5.    Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan

Mengasosiasi:

1.    Guru membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda

2.    Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya

3.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Mengomunikasikan:

1.    Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda

2.    Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

3.    Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan

Penutup (30 Menit)

1.     Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan

2.     Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan

3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok

4.     Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran

5.     Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya

6.     Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa

7.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

C.    Penilaian

1.    Teknik/jenis            :  kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio

2.    Bentuk instrumen   :  pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap

3.    Pedoman penskoran             :

               Penilaian Sikap

              

No.

Aspek yang Dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Instrumen Penilaian

Keterangan

1.

Bersahabat/komunikatif

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

2.

 Gemar membaca

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

3.

Kreatif

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

4.

Tanggung jawab

Pengamatan

Proses

Lembar pengamatan

 

 

               Keterangan:

1.    BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas

2.    MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten

3.    MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten

4.    MK (Membudaya), jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten

              

               Penilaian Hasil

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen

1.    Menganalisis dampak penjajahan bangsa Eropa di berbagai bidang

2.    Mendeskrispikan lahirnya per-gerakan nasional

3.    Mendeskripsikan lahirnya sumpah pemuda

 

Tes tertulis

Uraian

1.    Bagaimana perubahan di bidang budaya yang dialami rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda?

2.    Jelaskan golongan terpelajar yang muncul dalam kehidupan masya-rakat Indonesia!

3.    Jelaskan organisasi gerakan perem-puan yang muncul pada masa awal pergerakan nasional!

4.    Siapa pendiri Partindo?

5.    Apa arti dari asas insidental Parindra?

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

…………………………………

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

________________________

NIP.

 

 

 

 

 

                             

 

 

 

 

________________________

NIP.

                                                                                                                                                                                                                :               -                                                                                                                                                                                                                     Menghargai dan menghayati                                                                                                                                                                                            :               -                                                                                                                                                                                                                     Menghargai dan menghayati

 

SMK SUNAN GIRI SIAPKAN MASA DEPAN LULUSAN DENGAN BKK DAN SINERGI DENGAN SPSI GRESIK

 



Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh 

Perubahan situasi,

Minggu, 09 Agustus 2020

PAK MENTERI BAGAIMANA KAMI MENDIDIK MEREKA NASIONALISME JIKA RUMAH NYA "TIDAK ADA"

Apa millennials masih punya nasionalisme? - RumahMillennials.com

 

Ketika perdirjend pendidikan dasar dan menengah no 130/D/kep/KR/2017 dan Nomor 07/Dd.D5/KK/2018 DI BERLAKUKAN maka mulai saat itu pula pembelajaran Sejarah Indonesia di SMK mulai ada pemangkasan jam belajar .

Senin, 27 Juli 2020

Kehidupan Politik dan Ekonomi Masa Orde Baru Sejarah Kelas 12 smadu

Rehabilitasi Ekonomi Masa Orde Baru | Mikirbae.comKamu pastinya sudah nggak asing dong ketika mendengar kata ‘Orde Baru’? Ya, Orde Baru adalah masa sebelum Reformasi dan masa sesudah Orde Lama. Sekedar informasi aja nih Squad, jadi yang memberi nama orde lama itu adalah pemerintahan orde baru, padahal Bung Karno tidak suka dengan sebutan itu, Ia lebih suka disebut orde revolusi. Nah, pada artikel ini kita akan memelajari kehidupan politik dan ekonomi masa orde baru. Yuk simak biar pengetahuan kamu lebih banyak lagi.

Selasa, 14 Juli 2020

KRONOLOGI, GENERALISASI, INTERPRETASI DAN PERIODISASI DALAM SEJARAH

KRONOLOGI SEJARAH

Kronologi merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu chromos dan logos, chromos berarti waktu dan logos berarti ilmu. Maka kronologi merupakan ilmu tentang waktu. Dalam dunia per sejarah, an kronologi menjadi ilmu penting untuk menentukan waktu terjadinya peristiwa dan tempat peristiwa secara tepat berdasarkan urutan waktu

Anak anak ........................ ilmu ini perlu di pelajari karena berfungsi :

  1.  Menghindari anakronisme waktu dalam sejarah.
  2.  Untuk memastikan bahwa peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di masa     lalu dapat direkontruksi kembali secara tepat berdasarkan urutan waktu   terjadinya.

 Contoh

 Misalkan ada peristiwa kecelakaan  tentu, polisi akan menghubungkan berbagai fakta yang ditemukan dan menganalisa hubungan sebab akibatnya. Fakta-fakta tersebut, kemudian direkontruksikan dalam bentuk kronologi kejadian. Dengan cara seperti ini, maka polisi dapat menemukan apa yang menjadi penyebab kecelakaan tersebut.

Begitu pula kronologi sejarah. Berikut ini adalah contoh kronologis sejarah yaitu kronologis kemerdekaan Indonesia

 RPP DARING SATU

 LEMBAR UNTUK SD SMP MTS ALIYAH SMA DAN SMK 



 Generalisasi sejarah

Generalisasi ( berasal dari bahasa latin dari kata generalis yang bermakna umum) yakni sebuah  pekerjaan penyimpulan dari yang khusus kepada yang umum.

berguna untuk memgungkapkan peristiwa-peristiwa unik yang terjadi karena berhubungan dengan pola perilaku manusia.

bertujuan dua perkara penting yaitu :

Saintifikasi

Merupakan sejarah yang lebih condong kepada kemungkinan.

Simplifikasi

Merupakan penyederhanaan agar proses analisis dapat dilakukan. Penyederhanaan yang ditentukan melalui pembacaan akan menuntun sejarawan dalam mencari data, melakukan kritik sumber, interpretasi dan penulisan

Manfaat

Untuk memberikan gambaran bagaimana penyelidikan sejarah yang terus menerus sehingga dapat menguji generalisasi yang lebih terdahulu.


INTERPRETASI SEJARAH

Interpretasi dalam sejarah adalah penafsiran terhadap suatu peristiwa,dan fakta sejarah, kemudian merangkai nya dalam kesatuan yang masuk akal.

Penafsiran nya bersifat logis terhadap keseluruhan konteks peristiwa Proses interpretasinya bersifat selektif-diskriftif, sehingga berbagai fakta yang lepas satu sama lainnya dapat disusun dan dihubungkan kembali menjadi satu kesatuan yang masuk akal.

 PERIODISASI SEJARAH

Periodisasi sejarah adalah suatu pembabakan dalam sejarah yang dipergunakan untuk segala macam peristiwa. Pada umumnya didasarkan pada suatu kejadian tertentu.yang memiliki sifat aktual

Berfungsi untuk dapat mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia. memiliki sifat subjektif yang dipengaruhi pada subjek permasalahan dan juga pribadi peneliti nya

Tujuan Periodisasi

untuk:

1.      Memudahkan dalam mendapatkan suatu gambaran tentang kejadian-peristiwa seluruhnya

Penjelasanya begini anak anak :

Jumlah tahun kejadian peristiwa sangatlah banyak sehingga rangkaian-rangkaian tahun dan sebagainya itu merupakan deretan yang tak berujung dan tak berpangkal. Untuk mendapatkan suatu gambaran atau pandangan maka deretan tersebut pun dibagi-bagi (M.Ali, 2006: 49).

2.      Menyederhanakan kisah sejarah yang panjang dan rumit

 

Berusaha menyederhanakan masalah dan mengikhtisarkan menjadi satu tatanan (Orde). Sehingga memudahkan pengertian (Sidi Gazalba, 1981:62).

3.      Memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan

Yakni berusaha menjadikan semua peristiwa masa lampau dikelompokkan, dihubungkan, kemudian dikaitkan dan disusun secara sistematis.(berurutan)

4.      Sebagai dasar penyusunan cerita sejarah

Louis Gotsschalk (1983:149) menyimpulkan “penyusunan data sejarah yang paling masuk akal adalah penyusunan secara kronologis, yakni dalam periode-periode waktu. karena kronologi kiranya merupakan satu-satunya norma obyektif dan konstan yang harus diperhitungkan oleh sejarawan.”

5.      Mengetahui peristiwa sejarah secara kronologis

Penyusunan cerita sejarah secara kronologis memudahkan kita dalam mengetahui urut-urutan terjadinya suatu peristiwa. Periodisasi yang kronologis (berurutan) dapat mengungkapkan dan menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa.

Periodisasi Sejarah Indonesia

Di bagi 2 yaitu

1.      Periode zaman prak aksara/ Nirleka (zaman tanpa Tulisan )

2.      Periode zaman aksara / Zaman Sejarah /ada Tulisan

 


Kata sulit

  1.  anakronisme atau kerancuan
  2.  REKONTRUKSI  ATAU  di bangun kembali atau disusun kembali


Kamis, 25 Juni 2020

Rabu, 24 Juni 2020

JADILAH PENDIDIK YANG "BENAR" ATAU TIDAK SAMA SEKALI

Bertemu dengan Guru-Guru Hebat
Suatu pagi dua pendidik itu berbincang bincang ringan tentang PPDB zonasi. 













kata guru A   :  Tugas guru itu merupakan, profesi yang

Sabtu, 18 April 2020

BERPIKIR LOGIKA ,SUPAYA TIDAK TERTIPU OLEH BUAYA.





Berpikir logis dan bertindak sesuai akal, tentu berjalan akan dengan selamat

Sering kali kita dapatkan contoh dalam kehidupan ini orang aneh tanpa ilmu

Kamis, 02 April 2020

SEJARAH INDONESIA MATERI 2, 3 april 2020

Assalamualaikum Wr, Wb.

Anak anak materi ke dua sejarah indonesia ini sebenarnya hari kamis kemarin tanggal 2 April akan tetapi karena ada sesuatu hal maka baru hari ini bisa saya sampaikan.

kami team guru sejarah INDONESIA SMK Sunan Giri mohon maaf. (Pak Mustofa, Pak Amar Dan Pak J)


kalian kerjakan tugas di bawah ini kemudian kirim jawaban kalian :

APK, dan AKL silahkan dikirim ke pak Mustofa atau pak Amar sesui guru yang mengajar kalian

Untuk kelas 10 TBSM dan 10 TKJ jawaban cukup kalian tulis di kolom komentar di bawah tulisan ini, dengan syarat beri nama kelas dan no absen


Pertanyaannya  hanya 2

1. Mengapa  Timor Timur bisa lepas dari Indonesia ?

2. Mengapa  ada reformasi ?

Sabtu, 29 Februari 2020

Selasa, 28 Januari 2020

URIP IKU URUP


URIP itu dalam bahasa jawa bermakna "hidup"  dan Urup atau dialek daerah lainnya berkata MURUP bermakna Menyala. ( bersinar ) atau menerangi sekitarnya.

Kamis, 10 Oktober 2019

SHOLATLAH KALIAN AGAR TIDAK SEPERTI MONYET

Wamaa khalaqtul jinna wal-insa ilaa liya’buduun(i);

⚡ Selengkapnya: https://risalahmuslim.id/quran/adz-dzaariyaat/51-56/
Hasil gambar untuk persamaan monyet dan manusia
Berdasarkan ilmu fisiologi,

yakni sebuah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang seluk beluk fungsi dan kegiatan kehidupan, bahwa Persamaan Antara Manusia dengan Kera

PILIHLAH PRIA YANG BISA JADI IMAM MU

Kebahagiaan bagi seorang perempuan saat menuju kehidupan Rumah tangga,

Rabu, 28 Agustus 2019

JADILAH ADA YANG TIDAK KELIHATAN ADA


Hasil gambar untuk ghoib adalah
Tulisan ini sengaja ditulis sebagai terjemahan pada judul di atas yaitu yang mencoba untuk mewujudkan hadirnya diri dalam  menolong sesama tetapi tidak menampakan jati diri yang sesungguhnya.

Tulisan ini juga mencoba memaknai hadirnya sebuah perilaku manusia yang ingin berbuat kebaikan, akan  tetapi disisi lain, dirinya tanpa meng "ujud"kan hadirnya fisik, dari orang yang  sedang ditolongnya
Dadio ono ananging ora Katon ono jadilah ada yang tidak kelihatan ada. 

Rabu, 31 Juli 2019

SULTAN AGUNG MATARAM ISLAM


Indonesia juga banyak raja-raja yang sekaligus filsuf-filsuf yang terkenal dan sangat mumpuni keilmuannya,  biasanya beliau ini sebagai seorang

Selasa, 16 Juli 2019

TATA CARA SHOLAT GERHANA BULAN


Hasil gambar untuk shalat gerhana bulan menurut imam syafi'iTata cara  shalat gerhana menurut madzab Syafi'i adalah sebagai berikut:

1. Niat dan takbiratul ikhram, jika dilafadzkan:


-Gerhana Bulan
اصلى سنة لخسف القمىركعتين ( اماما/ ماموما) لله تعالى

Sengaja aku shalat gerhana Bulan dua rakaat (menjadi imam/makmum) karena Allah ta'ala.

Dilanjutkan membaca doa iftitah

2. Membaca surat Al-Fatihah kemudian surat Al-Baqarah

3. Ruku' dan kemudian i'tidal dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat Ali Imran

4. Ruku' dan i'tidal dengan membaca bacaan do'a i'tidal seperti shalat biasanya.

5. Sujud

6. Duduk diantara dua sujud

7. Sujud

8. Berdiri sebagaimana berdiri saat rakaat yang pertama kemudian dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah dan surat An-Nisa.

9. Ruku' dan i'tidal dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Maidah.

10. Ruku dan i'tidal sebagaimana bacaan do'a i'tidal dan gerakan seterusnya.

11. Salam

Dilanjutkan dengan dua khutbah tanpa takbir.
 Gambar terkait

Jumat, 12 Juli 2019

PERCUMA !! BUAT APA BERSEKOLAH ?


Hasil gambar untuk sekolah tempat anak bermasyarakatSaat terjadinya heboh Ppdb Smp, SMK, SMA tahun ini, banyak orang yang pro dan kontra dari kebijakan pemerintah itu.

Jumat, 05 Juli 2019

HAPUSLAH KEBANGGAAN DAN PAMER RANKING ANAK ANDA

  



Hasil gambar untuk RANKING SEKOLAH  

Thomas J. Stanley adalah seorang penulis Amerika dan teori bisnis. Dia  pemenang penghargaan beberapa penulisan buku tentang Amerika kaya, termasuk best 



seller New York Times 'The Millionaire Next Door dan The Millionaire Mind. Ia 
menerima gelar doktor dalam administrasi bisnis dari University of Georgia. Dia berada di fakultas dari Universitas di Albany, State University of New York. Dia mengajarpemasaran di University of Tennessee, University of Georgia dan Georgia State University ( di mana ia diangkat Omicron Delta Kappa Posisi Professor)

FAKTOR YANG MENENTUKAN KESUKSESAN SESEORANG

Menurut riset Thomas J Stanley, ada sepuluh faktor teratas yang akan mempengaruhi kesuksesan anak anak kita. Apa saja ke10 hal tersebut ? yaitu :