Rencana Pelaksanaan Pembelajar
Kelas/Semester : X/1
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
A. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan
pengertian mengenai sejarah
- Siswa dapat mendeskripsikan
ruang dan waktu kehidupan manusia
- Siswa dapat menjelaskan
perubahan yang berkelanjutan dalam kehidupan manusia
- Siswa dapat memahami
keterkaitan antara peristiwa kehidupan manusia di masa lalu dengan kehidupan masa kini
Karakter siswa yang diharapkan:
- Disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab
B. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d. 6
Pendahuluan
(30 Menit)
1. Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan
diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
2. Guru memberi motivasi
dengan membimbing siswa memahami tentang memahami konsep
dasar sejarah
3. Guru mengingatkan
kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan
dengan materi baru yang akan dipelajari
4. Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab tentang konsep dasar sejarah
5. Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6. Guru membimbing siswa
melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
7. Guru menjelaskan
materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti (480 Menit)
Mengamati:
1. Guru meminta siswa
mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan konsep dasar sejarah
2. Guru
memberikan penjelasan singkat tentang konsep sejarah sehingga menumbuhkan rasa
ingin tahu siswa
3. Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab
4. Guru mengamati
keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
1. Guru memotivasi,
mendorong kreativitas
dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk
didalami
2. Guru membahas
dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang konsep
dasar sejarah
Mengumpulkan Informasi:
1. Guru membimbing siswa
untuk menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang
konsep
dasar sejarah
2. Guru
membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas
pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa
di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain
3. Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X
dan referensi lain
4.
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa
dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan
jawaban pertanyaan kelompok
5. Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain
yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
1. Guru
membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi konsep dasar sejarah
2. Guru membimbing siswa
untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh
sebelumnya
3. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
1. Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan
atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang
ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai konsep dasar sejarah
2. Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
3. Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
1. Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran
melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas
karunia Tuhan
2. Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
3. Guru memberikan umpan
balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
4. Guru
melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi
atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
5. Guru dapat
meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau
teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber
informasi lainnya
6. Guru
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling, dan/atau memberikan tugas,
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
7. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
C. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis,
tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
2. Bentuk
instrumen : pertanyaan lisan, tes
tertulis, dan pengamatan sikap
3. Pedoman penskoran :
Penilaian Sikap
No. |
Aspek yang
Dinilai |
Teknik
Penilaian |
Waktu
Penilaian |
Instrumen
Penilaian |
Keterangan |
1. |
Disiplin |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
2. |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
3. |
Mandiri |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
4. |
Rasa ingin tahu |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
5. |
Tanggung jawab |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
Keterangan:
1.
BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas
2.
MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3. MB (Mulai Berkembang),
jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang
cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4. MK (Membudaya),
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus
dan ajeg/konsisten
Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Instrumen |
1.
Menjelaskan
pengertian sejarah 2.
Mendeskripsikan
ruang dan waktu kehidupan ma-nusia 3.
Menjelaskan
perubahan yang berkelanjutan dalam kehidupan manusia 4.
Memahami
keterkaitan antara peristiwa kehidup-an manusia di masa lalu dengan kehidupa
manusia masa kini |
Tes
tertulis |
Uraian |
1. Apakah yang dimaksud sejarah menurut Muh.
Yamin? 2. Jelaskan peran manusia sebagai subjek
sejarah! 3. Apa yang
dimaksud generalisasi? 4. Sebutkan unsur-unsur sejarah! 5. Jelaskan pendapat R.Moh. Ali tentang
sejarah sebagai peristiwa! |
Mengetahui Kepala Sekolah |
|
………………………………… Guru Mata Pelajaran |
________________________ NIP. |
|
________________________ NIP. |
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (2)
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Satuan Pendidikan : SMA/MA
A. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat
menjelaskan pembabakan praaksara
Indonesia
- Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis manusia purba
di Indonesia
- Siswa dapat menganalisis asal usul dan persebaran
nenek moyang bangsa Indonesia
- Siswa dapat
menjelaskan corak kehidupan masyarakat praaksara
- Siswa dapat
mendeskripsikan perkembangan teknologi dan kebudayaan manusia praaksara di Indonesia
Karakter siswa yang diharapkan:
- Bersahabat/komunikatif,
kreatif, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab
B. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-7 s.d.12
Pendahuluan
(30 Menit)
1. Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan
diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
2. Guru memberi motivasi
dengan membimbing siswa memahami tentang kehidupan
manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia
3. Guru mengingatkan
kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan
dengan materi baru yang akan dipelajari
4. Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab tentang kehidupan
manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia
5. Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6. Guru membimbing siswa
melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
7. Guru menjelaskan
materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti (480 Menit)
Mengamati:
1. Guru meminta siswa
mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kehidupan
manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia
2. Guru
memberikan penjelasan singkat tentang kehidupan manusia dan
hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
3. Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, kreatif, rasa ingin tahu,
dan tanggung jawab
4. Guru mengamati
keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
1. Guru memotivasi,
mendorong kreativitas
dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk
didalami
2. Guru membahas
dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang kehidupan manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia
Mengumpulkan Informasi:
1. Guru membimbing siswa
untuk menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang
kehidupan manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia
2. Guru
membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas
pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa
di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain
3. Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X
dan referensi lain
4.
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa
dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan
jawaban pertanyaan kelompok
5. Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain
yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
1. Guru
membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi kehidupan
manusia dan hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia
2. Guru membimbing siswa
untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh
sebelumnya
3. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
1. Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan
atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang
ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kehidupan manusia dan
hasil budaya masyarakat praaksara Indonesia
2. Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
3. Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
1. Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran
melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas
karunia Tuhan
2. Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
3. Guru memberikan umpan
balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
4. Guru
melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi
atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
5. Guru dapat
meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau
teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber
informasi lainnya
6. Guru
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling, dan/atau memberikan tugas,
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
7. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
C. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis,
tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
2. Bentuk
instrumen : pertanyaan lisan, tes
tertulis, dan pengamatan sikap
3. Pedoman penskoran :
Penilaian Sikap
No. |
Aspek yang
Dinilai |
Teknik
Penilaian |
Waktu
Penilaian |
Instrumen
Penilaian |
Keterangan |
1. |
Bersahabat/komunikatif |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
2. |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
3. |
Rasa ingin tahu |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
4. |
Tanggung jawab |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
Keterangan:
1. BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2. MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg/konsisten
3.
MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang
cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK (Membudaya), jika menunjukkan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus
dan ajeg/konsisten
Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Instrumen |
1.
Menjelaskan
pembabakan praaksara Indonesia 2.
Mendeskripsikan jenis-jenis manusia purba di Indonesia 3.
Menganalisis asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia 4.
Menjelaskan
corak kehidupan ma-syarakat praaksara 5.
Mendeskripsikan
perkembangan teknologi dan kebudayaan manusia praak-sara di Indonesia |
Tes tertulis |
Uraian |
1. Apakah yang dimaksud stra-tigrafi dalam menentukan usia peninggalan kebudayaan manusia? 2. Jelaskan tentang zaman per-kembangan kehidupan di bu-mi masa Paleozoikum! 3. Sebutkan ciri-ciri manusia purba Pithecanthropus erec-tus! 4. Sebutkan dasar-dasar pen-dapat dari Teori Yunan! 5. Sebutkan ciri-ciri kehidupan
pada masa berburu dan mengumpul-kan makanan tingkat sederhana! |
Mengetahui Kepala Sekolah |
|
………………………………… Guru Mata Pelajaran |
________________________ NIP. |
|
________________________ NIP. |
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (3)
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
A. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mendeskripsikan masuknya pengaruh
budaya India
- Siswa dapat menjelaskan
munculnya negara tradisional (kerajaan) bercorak Hindu-Buddha
- Siswa dapat mengidentifikasi kebudayaan Hindu dan Buddha
di Indonesia
Karakter siswa yang diharapkan:
- Bersahabat/komunikatif,
cinta tanah air, kreatif, rasa ingin
tahu, dan semangat kebangsaan
B. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-13 s.d.
15
Pendahuluan
(30 Menit)
1. Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan
diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
2. Guru memberi motivasi
dengan membimbing siswa memahami tentang masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara
tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha
3. Guru mengingatkan
kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan
dengan materi baru yang akan dipelajari
4. Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab tentang masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara
tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha
5. Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6. Guru membimbing siswa
melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
7. Guru menjelaskan
materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti (210 Menit)
Mengamati:
1. Guru meminta siswa
mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara
tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha
2. Guru
memberikan penjelasan singkat tentang masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara tradisional
(kerajaan) Hindu-Buddha sehingga menumbuhkan rasa ingin
tahu siswa
3. Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, cinta
tanah air, kreatif, rasa ingin tahu, dan semangat kebangsaan
4. Guru mengamati
keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
1. Guru memotivasi,
mendorong kreativitas
dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk
didalami
2. Guru membahas
dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang masuknya
Hindu-Buddha dan munculnya negara tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha
Mengumpulkan Informasi:
1. Guru membimbing siswa
untuk menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang
masuknya
Hindu-Buddha dan munculnya negara tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha
2. Guru
membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas
pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa
di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain
3. Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X
dan referensi lain
4.
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa
dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan
jawaban pertanyaan kelompok
5. Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain
yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
1. Guru
membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara
tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha
2. Guru membimbing siswa
untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh
sebelumnya
3. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
1. Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan
atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang
ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai Masuknya Hindu-Buddha dan munculnya negara
tradisional (kerajaan) Hindu-Buddha
2. Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
3. Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
1. Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran
melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas
karunia Tuhan
2. Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
3. Guru memberikan umpan
balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
4. Guru
melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi
atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
5. Guru dapat
meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip,
atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau
sumber informasi lainnya
6. Guru
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling, dan/atau memberikan tugas,
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
7. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
C. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis,
tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
2. Bentuk
instrumen : pertanyaan lisan, tes
tertulis, dan pengamatan sikap
3. Pedoman penskoran :
Penilaian Sikap
No. |
Aspek yang
Dinilai |
Teknik
Penilaian |
Waktu
Penilaian |
Instrumen
Penilaian |
Keterangan |
1. |
Bersahabat/komunikatif |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
2. |
Cinta tanah air |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
3. |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
4. |
Rasa ingin tahu |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
5. |
Semangat kebangsaan |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
Keterangan:
1.
BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas
2.
MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.
MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang
cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK (Membudaya), jika menunjukkan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus
dan ajeg/konsisten
Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Instrumen |
|
1.
Mendeskripsikan masuknya pengaruh budaya India 2.
Menjelaskan
munculnya negara tradisional (kerajaan) bercorak Hindu-Buddha 3.
Mengidentifikasi kebudayaan Hindu dan Buddha di Indonesia |
Tes tertulis |
Uraian |
1. Apa yang dimaksud kasta kesatria dalam golongan masya-rakat Hindu? 2. Jelaskan tentang proses lahir-nya agama Buddha di India! 3. Jelaskan tentang proses ma-suknya agama Hindu menurut teori
sudra! 4. Apakah yang dimaksud yupa? 5. Sebutkan faktor-faktor penyebab
kemunduran Kerajaan Sriwijaya! |
|
Mengetahui Kepala Sekolah |
|
………………………………… Guru Mata Pelajaran |
________________________ NIP. |
|
________________________ NIP. |
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (4)
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
A. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan
kedatangan Islam di Nusantara
- Siswa dapat menjelaskan
Islam masuk istana raja
- Siswa dapat mengidentifikasi akulturasi
dan perkembangan budaya Islam
Karakter siswa yang diharapkan:
- Bersahabat/komunikatif,
kerja keras, rasa ingin tahu, dan
tanggung jawab
B. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-16 s.d.
21
Pendahuluan
(30 Menit)
1. Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan
diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
2. Guru memberi motivasi
dengan membimbing siswa memahami tentang islamisasi dan silang budaya di Nusantara
3. Guru mengingatkan
kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan
dengan materi baru yang akan dipelajari
4. Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab tentang islamisasi dan silang budaya di Nusantara
5. Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6. Guru membimbing siswa
melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
7. Guru menjelaskan
materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti (480 Menit)
Mengamati:
1. Guru meminta siswa
mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan Islamisasi dan silang budaya di Nusantara
2. Guru
memberikan penjelasan singkat tentang islamisasi dan silang budaya di Nusantara sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
3. Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, kerja
keras, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab
4. Guru mengamati
keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
1. Guru memotivasi,
mendorong kreativitas
dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk
didalami
2. Guru membahas
dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang islamisasi dan
silang budaya di Nusantara
Mengumpulkan Informasi:
1. Guru membimbing siswa
untuk menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang
islamisasi dan silang
budaya di Nusantara
2. Guru
membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas
pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa
di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain
3. Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X
dan referensi lain
4.
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa
dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan
jawaban pertanyaan kelompok
5. Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain
yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
1. Guru
membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi islamisasi dan silang budaya di Nusantara
2. Guru membimbing siswa
untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh
sebelumnya
3. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
1. Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan
atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang
ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai islamisasi dan silang budaya di Nusantara
2. Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
3. Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
1. Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran
melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas
karunia Tuhan
2. Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
3. Guru memberikan umpan
balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
4. Guru
melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi
atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
5. Guru dapat
meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau
teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber
informasi lainnya
6. Guru
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling, dan/atau memberikan tugas,
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
7. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
C. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis,
tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan, tes
tertulis, dan pengamatan sikap
3. Pedoman penskoran :
Penilaian Sikap
No. |
Aspek yang
Dinilai |
Teknik
Penilaian |
Waktu
Penilaian |
Instrumen
Penilaian |
Keterangan |
1. |
Bersahabat/komunikatif |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
2. |
Kerja keras |
Pengamatan |
Proses |
Lembar pengamatan |
|
3. |
Rasa ingin tahu |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
4. |
Tanggung jawab |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
Keterangan:
1.
BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas
2.
MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.
MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang
cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK (Membudaya), jika menunjukkan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus
dan ajeg/konsisten
Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Instrumen |
|
1. Menjelaskan kedatangan Islam di
Nusantara 2.
Menjelaskan
Islam masuk istana raja 3.
Mengidentifikasi akulturasi dan perkembangan budaya Islam |
Tes tertulis |
Uraian |
1. Jelaskan ahli dan bukti yang memperkuat masuknya Islam ke
Indonesia abad ke-13 M! 2. Sebutkan dasar dari teori Gujarat tentang penyebaran Islam di
Indonesia! 3. Jelaskan saluran penyebaran Islam di Indonesia melalui Pernikahan! 4. Sebutkan isi Perjanjian Giyanti! 5. Jelaskan tentang peninggalan yang berupa karya sastra suluk! |
|
Mengetahui Kepala Sekolah |
|
………………………………… Guru Mata Pelajaran |
________________________ NIP. |
|
________________________ NIP. |
: - Menghargai
dan menghayati : - Menghargai
dan menghayati
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(5)
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
A. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Mendeskripsikan jejak
perburuan “Mutiara dari Timur”
- Siswa dapat menjelaskan kongsi
dagang VOC dan keruntuhannya
- Siswa dapat mendeskripsikan kolonialisme Barat
di Indonesia pascaruntuhnya VOC
- Siswa dapat menjelaskan perang
melawan kongsi dagang
- Siswa dapat menjelaskan perang
melawan pemerintah kolonial Belanda
Karakter siswa yang diharapkan:
- Bersahabat/
komunikatif, gemar membaca, kreatif, rasa
ingin tahu, dan tanggung jawab
B. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-22 s.d.
24
Pendahuluan
(30 Menit)
1. Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan
diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
2. Guru memberi motivasi
dengan membimbing siswa memahami tentang kolonialisme dan imperialisme
3. Guru mengingatkan
kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan
materi baru yang akan dipelajari
4. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang kolonialisme dan imperialisme
5. Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6. Guru membimbing siswa
melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
7. Guru menjelaskan
materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti (210 Menit)
Mengamati:
1. Guru meminta siswa
mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kolonialisme dan imperialisme
2. Guru
memberikan penjelasan singkat tentang kolonialisme
dan imperialisme sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
3. Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/ komunikatif, gemar
membaca, kreatif, rasa ingin
tahu, dan tanggung jawab
4. Guru mengamati
keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
1. Guru memotivasi,
mendorong kreativitas
dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami
2. Guru membahas
dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang kolonialisme dan imperialisme
Mengumpulkan Informasi:
1. Guru membimbing siswa
untuk menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang
kolonialisme dan imperialisme
2. Guru
membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas
pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa
di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain
3. Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X
dan referensi lain
4.
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa
dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan
jawaban pertanyaan kelompok
5. Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain
yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
1. Guru
membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi kolonialisme dan imperialisme
2. Guru membimbing siswa
untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh
sebelumnya
3. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
1. Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan
atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang
ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kolonialisme dan imperialisme
2. Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
3. Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
1. Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran
melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas
karunia Tuhan
2. Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
3. Guru memberikan umpan
balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
4. Guru
melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi
atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
5. Guru dapat
meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau
teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber
informasi lainnya
6. Guru
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling, dan/atau memberikan tugas,
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
7. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
C. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis,
tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan, tes
tertulis, dan pengamatan sikap
3. Pedoman penskoran :
Penilaian Sikap
No. |
Aspek yang
Dinilai |
Teknik
Penilaian |
Waktu
Penilaian |
Instrumen
Penilaian |
Keterangan |
1. |
Bersahabat/komunikatif |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
2. |
Gemar membaca |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
3. |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
4. |
Rasa ingin tahu |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
5. |
Tanggung jawab |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
Keterangan:
1. BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2. MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg/konsisten
3. MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
4.
MK (Membudaya), jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Instrumen |
|
1.
Mendeskripsikan
jejak perbu-ruan “Mutiara dari Timur” 2.
Menjelaskan
kongsi dagang VOC dan keruntuhannya 3.
Mendeskripsikan kolonialisme Barat di Indonesia pasca-runtuhnya VOC 4.
Menjelaskan
perang melawan kongsi dagang 5.
Menjelaskan
perang melawan pemerintah kolonial Belanda |
Tes tertulis |
Uraian |
1. Tuliskan faktor-faktor yang me-latarbelakangi Bangsa Barat ke
Dunia Timur! 2. Jelaskan petualangan, penjelajah-an, dan penemuan dunia baru
bangsa Portugis di Indonesia! 3. Siapa Gubernur jenderal VOC yang pertama di Indonesia? 4. Sebutkan cara-cara yang ditem-puh Dendels untuk mendapatkan
biaya guna mendukung usaha yang dilakukannya! 5. Apa saja sebab-sebab umum ter-jadinya Perang Diponegoro? |
|
Mengetahui Kepala Sekolah |
|
………………………………… Guru Mata Pelajaran |
________________________ NIP. |
|
________________________ NIP. |
: - Menghargai
dan menghayati : - Menghargai
dan menghayati
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(6)
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
A. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menganalisis dampak penjajahan
bangsa Eropa di berbagai bidang
- Siswa dapat mendeskripsikan lahirnya pergerakan
nasional
- Siswa dapat mendeskripsikan lahirnya Sumpah Pemuda
Karakter siswa yang diharapkan:
- Bersahabat/komunikatif,
gemar membaca, kreatif,dan tanggung jawab
B. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-25 s.d.
27
Pendahuluan
(30 Menit)
1. Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan
diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
2. Guru memberi motivasi
dengan membimbing siswa memahami tentang dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya
pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda
3. Guru mengingatkan
kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan
dengan materi baru yang akan dipelajari
4. Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab tentang dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya
pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda
5. Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6. Guru membimbing siswa
melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
7. Guru menjelaskan
materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti (210 Menit)
Mengamati:
1. Guru meminta siswa
mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya
pergerakan nasional dan sumpah pemuda
2. Guru
memberikan penjelasan singkat tentang dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya pergerakan
nasional dan Sumpah Pemuda sehingga menumbuhkan
rasa ingin tahu siswa
3. Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, gemar
membaca, kreatif, dan tanggung jawab
4. Guru mengamati
keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
1. Guru memotivasi,
mendorong kreativitas
dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk
didalami
2. Guru membahas
dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang dampak
penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda
Mengumpulkan Informasi:
1. Guru membimbing siswa
untuk menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan tentang
dampak
penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda
2. Guru
membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas
pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa
di buku Sejarah Indonesia X dan mencari sumber belajar lain
3. Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Sejarah Indonesia X
dan referensi lain
4.
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa
dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan
jawaban pertanyaan kelompok
5. Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain
yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
1. Guru
membimbing siswa untuk menganalisis penerapan materi dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya
pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda
2. Guru membimbing siswa
untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh
sebelumnya
3. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
1. Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan
atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang
ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai dampak penjajahan bangsa Eropa sampai lahirnya
pergerakan nasional dan Sumpah Pemuda
2. Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
3. Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
1. Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran
melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas
karunia Tuhan
2. Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
3. Guru memberikan umpan
balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
4. Guru
melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi
atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
5. Guru dapat
meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip,
atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau
sumber informasi lainnya
6. Guru
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling, dan/atau memberikan tugas,
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
7. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
C. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis,
tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
2. Bentuk
instrumen : pertanyaan lisan, tes
tertulis, dan pengamatan sikap
3. Pedoman penskoran :
Penilaian Sikap
No. |
Aspek yang
Dinilai |
Teknik
Penilaian |
Waktu
Penilaian |
Instrumen
Penilaian |
Keterangan |
1. |
Bersahabat/komunikatif |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
2. |
Gemar membaca |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
3. |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
4. |
Tanggung jawab |
Pengamatan |
Proses |
Lembar
pengamatan |
|
Keterangan:
1. BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2. MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg/konsisten
3. MB (Mulai Berkembang),
jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang
cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4. MK (Membudaya),
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus
dan ajeg/konsisten
Penilaian
Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Instrumen |
|
1.
Menganalisis dampak penjajahan bangsa Eropa di berbagai bidang 2.
Mendeskrispikan lahirnya per-gerakan nasional 3.
Mendeskripsikan lahirnya sumpah pemuda |
Tes tertulis |
Uraian |
1. Bagaimana perubahan di bidang budaya yang
dialami rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda? 2. Jelaskan golongan terpelajar yang muncul dalam kehidupan masya-rakat Indonesia! 3. Jelaskan organisasi gerakan perem-puan yang muncul pada masa awal pergerakan nasional! 4. Siapa pendiri Partindo? 5. Apa arti dari asas insidental Parindra? |
|
Mengetahui Kepala Sekolah |
|
………………………………… Guru Mata Pelajaran |
________________________ NIP. |
|
________________________ NIP. |
: - Menghargai
dan menghayati : - Menghargai
dan menghayati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar