Sabtu, 26 Agustus 2023

kreteria ketercapaian tujuan pembelajaran kktp dengan menggunakan interval

 

KRETERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN  (KKTP)

SEJARAH INDONESIA FASE E

 

Setiap  pendidik di smk Sunan giri  Menganti Gresik akan menggunakan Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar yang berbeda, oleh karena itu untuk mengidentifikasi ketercapaian tujuan pembelajaran,  setiap pendidik akan menggunakan kriteria yang berbeda baik dalam angka kuantitatif atau kualitatif sesuai dengan karakteristik  dari:

a.       Tujuan pembelajaran

b.       Aktivitas pembelajaran

c.       Asesmen yang dilaksanakan

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran diturunkan dari indikator asesmen , yang mencerminkan ketercapaian kompetensi

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berfungsi untuk

Mencerminkan proses pembelajaran dan mendiagnosis( menentukan) tingkat penguasaan kompetensi peserta didik agar guru dapat memperbaiki proses pembelajaran dan atau memberikan pendampingan pembelajaran yang sesuai kepada peserta didik.

Menjadi sumber informasi atau data bagi pendidik untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi peserta didik.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran merupakan deskripsi pencapaian 3 aspek kompetensi yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran, disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian Pembelajaran (CP)

Rumusan Tujuan Pembelajaran mencakup:

Kognitif (mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta), dan dimensi pengetahuan (factual, konseptual, procedural, metakognitif)

Perilaku capaian seperti kecakapan hidup (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif)

Profil Pelajar Pancasila (Beriman, berkebinekaan global, gotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri)

Komponen Tujuan Pembelajaran

Kompetensi = kemampuan yang dapat didemonstrasikan siswa dalam bentuk produk atau kinerja (abstrak dan konkret) yang menunjukkan siswa telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran

Menyusun Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

Langkah-langkah menyusun KKTP

a. Dari TP langsung dibuatkan RUBRIK PENILAIAN dengan 4 atau 5 kriteria, sehingga guru dapat menentukan pencapaian peserta didik danmemberikan tindak lanjut, atau

b. Dari TP diturunkan lebih rinci menjadi semacam INDIKATOR ASESMEN, sehingga indikator asesmen tsb menjadi ukuran ketercapaian,

c. Atau gabungan (a) dan (b) : dibuatkan Indikator Asesmen dan Rubrik Ketercapaiannya

Namun akhirnya Bismillah saya menggunakan interval untuk KKTP materi yang saya ampu

 

Glosarium :

Ø  Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik, yang hasilnya kemudian digunakan sebagai bahan refleksi serta landasan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Ø  Penilaian adalah proses penyematan atribut (berupa angka/huruf) terhadap hasil asesmen. Hasil dari penilaian tersebut digunakan sebagai bahan evaluasi.

Ø  Evaluasi  adalah proses pemberian status atau keputusan terhadap suatu hasil assesmen dan penilaian

by pak J

INTERVAL

KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)

Menggunakan interval nilai angka test sumatif


INTERVAL

KRITERIA

INTERVENSI

0-40%

Belum Tuntas

Remedial diseluruh bagian

41-65%

Belum Tuntas

Remedial di bagian yang diperlukan

66-85%

Sudah Tuntas

Tidak perlu remedial

86-100%

Sudah Tuntas

Diberikan pengayaan atau tantangan lebih

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar