KRETERIA
KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)
SEJARAH INDONESIA
FASE E
a.
Tujuan pembelajaran
b.
Aktivitas pembelajaran
c.
Asesmen yang dilaksanakan
Kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran diturunkan dari indikator asesmen , yang mencerminkan
ketercapaian kompetensi
Kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran berfungsi untuk
Mencerminkan
proses pembelajaran dan mendiagnosis( menentukan) tingkat penguasaan
kompetensi peserta didik agar guru dapat memperbaiki proses pembelajaran dan
atau memberikan pendampingan pembelajaran yang sesuai kepada peserta didik.
Menjadi sumber
informasi atau data bagi pendidik untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian
pembelajaran sesuai kondisi peserta didik.
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan
Pembelajaran merupakan deskripsi pencapaian 3 aspek kompetensi yakni
pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih
kegiatan pembelajaran, disusun secara kronologis berdasarkan urutan
pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian
Pembelajaran (CP)
Rumusan Tujuan
Pembelajaran mencakup:
Kognitif
(mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta),
dan dimensi pengetahuan (factual, konseptual, procedural, metakognitif)
Perilaku
capaian seperti kecakapan hidup (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif)
Profil Pelajar
Pancasila (Beriman, berkebinekaan global, gotong royong, kreatif, bernalar
kritis dan mandiri)
Komponen
Tujuan Pembelajaran
Kompetensi =
kemampuan yang dapat didemonstrasikan siswa dalam bentuk produk atau kinerja
(abstrak dan konkret) yang menunjukkan siswa telah berhasil mencapai tujuan
pembelajaran
Menyusun
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
Langkah-langkah
menyusun KKTP
a. Dari TP
langsung dibuatkan RUBRIK PENILAIAN dengan 4 atau 5 kriteria, sehingga guru
dapat menentukan pencapaian peserta didik danmemberikan tindak lanjut, atau
b. Dari TP
diturunkan lebih rinci menjadi semacam INDIKATOR ASESMEN, sehingga indikator
asesmen tsb menjadi ukuran ketercapaian,
c. Atau gabungan
(a) dan (b) : dibuatkan Indikator Asesmen dan Rubrik Ketercapaiannya
Namun akhirnya Bismillah saya menggunakan interval untuk KKTP materi yang saya
ampu
Glosarium :
Ø
Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan
informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian
hasil belajar peserta didik, yang hasilnya kemudian digunakan sebagai bahan
refleksi serta landasan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Ø
Penilaian adalah
proses penyematan atribut (berupa angka/huruf) terhadap hasil asesmen. Hasil
dari penilaian tersebut digunakan sebagai bahan evaluasi.
Ø
Evaluasi adalah
proses pemberian status atau keputusan terhadap suatu hasil assesmen dan
penilaian
by pak J
INTERVAL |
||
KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN
(KKTP) Menggunakan interval nilai angka test
sumatif |
||
INTERVAL |
KRITERIA |
INTERVENSI |
0-40% |
Belum Tuntas |
Remedial diseluruh bagian |
41-65% |
Belum Tuntas |
Remedial di bagian yang diperlukan |
66-85% |
Sudah Tuntas |
Tidak perlu remedial |
86-100% |
Sudah Tuntas |
Diberikan pengayaan atau tantangan lebih |
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar