Minggu, 25 Juli 2021

XI TOKOH TOKOH PENDIRI DINASTY ABBASIYAH ILMU 3

<a href="https://id.pngtree.com/so/acara-tv">acara tv png dari id.pngtree.com</a>      



 1.      Muhammad bin Ali bin Abdullah,

        2.       Ibrahim al Imam,

        3.       Abu Muslim Al Khurasani,

        4.       Abul Abbas as-Shaffah

        5.       Abu Ja’far al Mansyur.

Silsilah Bani Abbasiyah dan Khalifah-khalifah Dinasti Abbasiyah

            1.      Silsilah Bani Abbasiyah

Dalam silsilah Bani Umayyah terdapat tiga keluarga besar yang saling bersaing memperebutkan kekuasaan, yaitu :

            a.        Keluarga Alawiyyin (didukung oleh kaum Syiah)

            b.       Keluarga Umayyah

            c.        Keluarga Abasiyah

            2.      Khalifah-khalifah Dinasti Abbasiyah

            a.      Periode pertama

Kholifah Dinasti Abbasiyah pada periode pertama adalah sebagai berikut :

            1.      Abu Abbas As-Saffah (132 – 136H = 750-754M)

            2.      Abu Ja’far Al-Mansur (136 – 158H = 754-775M)

            3.      Muhammad Al-Mahdi (158-169H = 775-785M)

            4.      Muhammad Al-Hadi (169 – 170H = 785 – 786M)

            5.      Harun Ar-Rasyid (170 – 193H = 786-809M)

            6.      Abdullah Al-Amin (193 – 198H = 809-813M)

            7.      Al Ma’mun  (198 – 218 = 813 – 833 M)

            8.      Al Mu’tashim Billah (218 – 227H = 833-842M)

            9.      Abu Ja’far Al-Watsiq (227 – 232H = 842-847M).

b.      Periode Kedua

Khalifah Dinasti Abbasiyah pada periode kedua adalah sebagai berikut :

            1.      Al-Mutawakil (232 – 247H = 847-861M)

            2.      Al-Muntshir (247 – 248H = 861-862M)

            3.      Al-Mu’tain (248 – 252H = 862-866M)

            4.      Al-Mu’taz (252 – 255H = 866-869M)

            5.      Al-Muhtadi (255 – 256H = 869-870M)

            6.      Al-Mu’tamid (256 – 279H = 870-892M)

            7.      Al-Mu’tadhid (279 – 289H = 892-902M)

            8.      Al-Muktafi (289 – 295H = 902-908M)

            9.      Al-Muqtadi (295 320H = 908-932M)

            10.   Al-Qohir (320 – 322H = 932-934M)

            11.   Ar-Rodhi (322 – 329H = 934-941M)

            12.   Al-Muttaqi (329 – 333H = 941-945M)

            13.   Al-Mustaqfi (333 – 334H = 945-946M).

c.       Periode ketiga

Kholifah Dinasti Abbasiyah pada periode ketiga adalah sebagai berikut :

            1.      Al-Muti (334 – 363H = 946-974M)

            2.      At-Tho’I (363 – 381H = 974–991M)

            3.      Al-Qodir (381 – 422H = 991-1031M)

            d.      Periode keempat

Khalifah Dinasti Abbasiyah pada periode keempat adalah sebagai berikut :

                1.      Al-Qoyyim (422 – 467H = 1031-1075M)

                2.      Al-Muqtadi (467 – 487H = 1075-1094M)

                3.      Al-Mustazhir (487 – 512H = 1094-1118M)

                4.      Al-Musytarsid (512 – 529H = 1118-1135M)

                5.      Al-Rasyid (529 – 530H = 1135-1136M)

                6.      Al-Muktafi (530 – 555H = 1136-1160M)

                7.      Al-Mustanjid (555 – 566H = 1160-1171M)

                8.      Al-Mustadi (566 – 575H = 1171-1180M)

                9.      An-Nashir (575 – 622H = 1180-1125M)

e.      Periode kelima

Kholifah Dinasti Abbasiyah pada periode kelima adalah sebagai berikut :

            1.      Az-Zahir (622 – 623H = 1225-1226M)

            2.      Al-Mustanshir (623 – 640H = 1226-1242M)

            3.      Al-Musta’shim (640 – 656H = 1242-1258M)

Dari ke-37 khalifah ini setidaknya terdapat tiga khalifah yang menonjol yaitu Abu Ja’far Al Mansur, Harun Ar Rasyid dan Abdulloh Al Ma’mun. Dari ketiga khalifah yang menonjol ini khalifah yang terkenal dari Dinasti Abbasiyah adalah Harun Ar Rasyid.

Baghdad Sebagai Pusat Kekuasaan



Kota-kota yang pernah dijadikan Ibu Kota Abbasiyah adalah Kuffah, Hirah, Anbar (Hasyimiah) dan Baghdad. Perpindahan ibu kota dari Kuffah ke Hirah disebabkan karena penduduk kota Kuffah mayoritas pendukung Ali dan dianggap tidak setia kepada golongan Abbas, sedangkan kota Hirah hanya pilihan yang bersifat sementara, selanjutnya ibu kota pindah ke kota Anbar (Hasyimiah).

Dengan adanya pemberontakan itu, khalifah Al-Mansyur memandang bahwa kota Anbar tidak cocok lagi sebagai pusat pemerintahan. Kemudian beliau memindahkan pusat pemerintahannya ke kota Bagdad.

Latar belakang dipilihnya kota Bagdad adalah :

            1.    Adanya pemberontakan Rowandiyah terhadap kholifah Abu Ja’far Al-Mansyur.

            2.    Wilayah Bahgdad cukup luas dan tanahnya subur.

            3.    Letak Bagdad sangat strategis dan mudah dijangkau oleh berbagai wilayah

 

KOTA BAGHDAD

 Pendiri kota Baghdad adalah kholifah Abu Ja’far Al-Mansyur dan arsitek yang membangun kota itu adalah Hajjaj Bin Arthah dan Amran Bin Wahdhah Para pekerjanya yang berpengalaman dari Syam, Kuffah, Basrah, Manshul, Dailami dan lain-lain. Jumlah tenaga kerjanya kurang lebih 100.000 orang. Kota Bagdad bentuknya bundar dengan gaya bangunan seni Islami. Di tengah kota dibangun istana “Qashruzzahab” atau istana keemasan dengan luas 160.000 hasta persegi dan mesjid agung seluas 40.000 hasta persegi. Di luar kota dibangun kota-kota satelit yang ditata rapi dan indah, serta dibangun istana “Qashrulkhuldi” (Istana Abadi).

Sebab runtuhnya Bani Umayyah

        1.    Figur khalifah yang lemah

        2.    Hak Istimewa bangsa Arab Suriah

        3.    Pemerintahan yang tidak demokratis dan korup

        4.    Persaingan antar suku

  Kelompok yang muncul saat melemahnya Bani Umayyah

        1.    Kelompok muslim non-Arab (mawali)

        2.    Kelompok Khawarij dan Syi’ah

        3.    Kelompok muslim Arab di Mekah, Madinah dan Irak

        4.    Kelompok muslim yang saleh, baik Arab maupun non-Arab

Mengambil ibrah dan meneladani peristiwa Sejarah Dinasti  Abbasiyah.

Setelah kita membaca sejarah berdirinya Bani Abbasiyah, maka kita dapat mengambil hikmah dan suri tauladan antara lain sebagai berikut :

        1.         Bersungguh-sungguh dalam meraih cita-cita tanpa pantang menyerah walaupun banyak                          hambatan, rintangan bahkan penuh pengorbanan baik berupa waktu, materi, tenaga bahkan                      nyawa demi tercapai cita-cita yang diinginkan.

        2.         Bekerja sama dan saling menolong sesama umat Islam segala usaha.

        3.         Selalu mengutamakan kepentingan agama.

        4.         Hidup yang optimis, dinamis, inovatif dan siap menerima kritik konstruktif.

        5.         Punya pandangan hidup yang lebih baik yang berdasarkan pada norma susila, norma                                 budaya, norma hukum dan norma agama.

        6.         Berani berjuang demi nusa, bangsa, dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar