Visual
Thinking Strategies (VTS) adalah metode pengajaran yang meningkatkan
kemampuan berpikir kritis melalui diskusi gambar visual yang difasilitasi oleh guru. VTS mendorong partisipasi melalui proses pemecahan masalah kelompok. Ini menggunakan seni untuk mengajarkan berpikir, keterampilan komunikasi, dan literasi visual. Siswa berkontribusi pada diskusi dengan menyajikan pengamatan dan ide mereka sendiri ke kelas. Semua kontribusi diterima dan dipertimbangkan secara netral oleh guru dan kelas sehingga siswa dapat belajar dari perspektif orang lain.
VTS menekankan proses belajar siswa, secara individu dan bersama dengan orang lain, daripada penyebaran pengetahuan instruktur. Oleh karena itu, VTS didorong oleh pembelajar. menempatkan kekuatan dalam kendali siswa. adalah proses terfokus bukan fokus pada produk - siswa tidak diberi jawaban yang benar karena proses belajar dan diskusi adalah jawabannya. Tingkatkan keterampilan berpikir kritis.
InstrukturPeran instruktur di VTS adalah secara hati-hati memilih gambar visual dan memfasilitasi diskusi. Hal ini dicapai melalui teknik bertanya dan fasilitasi.Tiga pertanyaan penting untuk strategi:
Apa yang terjadi di dalam gambar?
Apa yang Anda lihat yang membuat Anda mengatakan itu?
Apa lagi yang bisa kita temukan?Tiga teknik fasilitasi diskusi:
Mengutip komentar secara netral - kata-kata seperti "benar", "salah", atau "baik" tidak boleh digunakan
Arahkan ke area yang sedang dibahas
Tautkan komentar siswa yang kontras dan gratisSiswa Peran para siswa di VTS adalah untuk:
Perhatikan baik-baik gambarnya
Bicara tentang apa yang mereka amati
Cadangan ide-ide mereka dengan bukti
Dengarkan dan pertimbangkan pandangan orang lain
Bahas banyak interpretasi yang mungkinMengapa itu berfungsi?VTS adalah pendekatan berbasis penelitian yang ketat dan menyenangkan dengan pertumbuhan yang terukur di semua pelajar di semua bidang. VTS adalah metode pengajaran yang efektif karena:
menggunakan gambar visual untuk melibatkan, membuat teka-teki, dan intrik siswa sambil membangun kemampuan dan keyakinan dalam menguraikan materi yang kompleks dan beragam
inklusif dan sepenuhnya menghormati semua peserta didik
mudah dikuasai karena menggunakan kekuatan, minat, dan pengalaman yang ada
memicu motivasi dan rasa ingin tahu
mudah untuk mentransfer keterampilan penalaran verbal dan strategi ke bidang studi lainStrategi TambahanPemikiran visual juga dapat memasukkan organisasi ide grafis dengan peta konsep, peta pikiran, dan web. Dengan cara ini, siswa dapat bekerja dengan konsep dengan cara yang terarah dan langsung karena memungkinkan siswa untuk "melihat" ide mereka saat mereka berkembang. Dengan menggunakan pemikiran visual melalui grafik, siswa dapat mengklarifikasi pikiran, mengatur dan menganalisis informasi, mengintegrasikan pengetahuan baru, dan berpikir kritis.Praktik Terbaik dari YouTubeVideo YouTube berikut berisi beberapa kebijaksanaan praktis yang berharga terkait dengan strategi berpikir visual:
kemampuan berpikir kritis melalui diskusi gambar visual yang difasilitasi oleh guru. VTS mendorong partisipasi melalui proses pemecahan masalah kelompok. Ini menggunakan seni untuk mengajarkan berpikir, keterampilan komunikasi, dan literasi visual. Siswa berkontribusi pada diskusi dengan menyajikan pengamatan dan ide mereka sendiri ke kelas. Semua kontribusi diterima dan dipertimbangkan secara netral oleh guru dan kelas sehingga siswa dapat belajar dari perspektif orang lain.
VTS menekankan proses belajar siswa, secara individu dan bersama dengan orang lain, daripada penyebaran pengetahuan instruktur. Oleh karena itu, VTS didorong oleh pembelajar. menempatkan kekuatan dalam kendali siswa. adalah proses terfokus bukan fokus pada produk - siswa tidak diberi jawaban yang benar karena proses belajar dan diskusi adalah jawabannya. Tingkatkan keterampilan berpikir kritis.
InstrukturPeran instruktur di VTS adalah secara hati-hati memilih gambar visual dan memfasilitasi diskusi. Hal ini dicapai melalui teknik bertanya dan fasilitasi.Tiga pertanyaan penting untuk strategi:
Apa yang terjadi di dalam gambar?
Apa yang Anda lihat yang membuat Anda mengatakan itu?
Apa lagi yang bisa kita temukan?Tiga teknik fasilitasi diskusi:
Mengutip komentar secara netral - kata-kata seperti "benar", "salah", atau "baik" tidak boleh digunakan
Arahkan ke area yang sedang dibahas
Tautkan komentar siswa yang kontras dan gratisSiswa Peran para siswa di VTS adalah untuk:
Perhatikan baik-baik gambarnya
Bicara tentang apa yang mereka amati
Cadangan ide-ide mereka dengan bukti
Dengarkan dan pertimbangkan pandangan orang lain
Bahas banyak interpretasi yang mungkinMengapa itu berfungsi?VTS adalah pendekatan berbasis penelitian yang ketat dan menyenangkan dengan pertumbuhan yang terukur di semua pelajar di semua bidang. VTS adalah metode pengajaran yang efektif karena:
menggunakan gambar visual untuk melibatkan, membuat teka-teki, dan intrik siswa sambil membangun kemampuan dan keyakinan dalam menguraikan materi yang kompleks dan beragam
inklusif dan sepenuhnya menghormati semua peserta didik
mudah dikuasai karena menggunakan kekuatan, minat, dan pengalaman yang ada
memicu motivasi dan rasa ingin tahu
mudah untuk mentransfer keterampilan penalaran verbal dan strategi ke bidang studi lainStrategi TambahanPemikiran visual juga dapat memasukkan organisasi ide grafis dengan peta konsep, peta pikiran, dan web. Dengan cara ini, siswa dapat bekerja dengan konsep dengan cara yang terarah dan langsung karena memungkinkan siswa untuk "melihat" ide mereka saat mereka berkembang. Dengan menggunakan pemikiran visual melalui grafik, siswa dapat mengklarifikasi pikiran, mengatur dan menganalisis informasi, mengintegrasikan pengetahuan baru, dan berpikir kritis.Praktik Terbaik dari YouTubeVideo YouTube berikut berisi beberapa kebijaksanaan praktis yang berharga terkait dengan strategi berpikir visual:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar